Bila kita mendengar istilah e-commerce atau elektronik komersial dalam hal ini adalah teknik penjualan atau pembelian di dalam media internet atau komputerisasi
Demikian orang secara sederhana mendeskripsikan e-commerce pada era digitalisasi ini.
Tapi bagaimana sebetulnya mendeskripsikan sebuah model pasar tradisional yang sekarang sudah menjadi pasar yang ada pada smartphone atau media elektronik lain seperti komputer yang terhubung dengan internet
Proses transformasi sederhana sebetulnya yang diberikan oleh sebuah metode pengembangan sistem informasi untuk membentuk sebuah pasar digital
Seperti kita ingin mendeskripsikan sebuah pasar yang riil di dunia nyata di mana bentuk pasar tersebut memiliki gedung memiliki kios-kios memiliki pedagang memiliki barang yang didagangkan dan memiliki pembeli
Sedangkan di balik semua itu tentu saja ada supplier ada pendistribusian ada pengendalian stok barang secara manajemen dikendalikan oleh para pemilik kios tersebut
Atau mungkin market-market besar yang coba masuk ke dalam sebuah mall yang memiliki sistem persediaan barang sendiri distributor sendiri pendistribusian barang sendiri pengolahan manajemen sendiri dan bermacam-macam hal yang ada di dalam sebuah pasar
Dan juga tidak lepas dari pengelolaan karyawan atau sumber daya manusia yang ada di dalamnya
Dari persoalan di atas kita bisa lihat bahwa sebetulnya tidak sesederhana itu melakukan sebuah transformasi sebuah pasar real menjadi sebuah pasar yang sifatnya
Tapi intinya adalah kita mencoba memberikan sebuah ruang kepada pembeli atau pada penjual untuk dapat melakukan sistem perdagangan di sanaÂ
Hal ini pasar atau mall tersebut adalah merupakan tempat penampungan sementara di mana seseorang dapat membeli atau dapat berkumpul bersama untuk melakukan penjualan dan pembelian