Mohon tunggu...
Julhermanto Limbong
Julhermanto Limbong Mohon Tunggu... Penulis

@julherlimbong Sibolga-Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Hal Sederhana untuk Menjaga Bumi

26 Maret 2021   22:05 Diperbarui: 26 Maret 2021   22:08 70 3 0 Mohon Tunggu...

Berkembangnya zaman selalu diikuti dengan kemajuan teknologi yang semakin modern. Tetapi tidak bisa terelakkan dari banyaknya tantangan yang dihadapi untuk menjaga bumi dari berbagai kerusakan lingkungan.

Tanggal 27 Maret seluruh masyarakat dunia mengambil bagian dalam gerakan global yang disebut Earth Hour, mungkin akan sama seperti tahun kemarin dirayakan di tengah pandemi global virus Corona atau Covid 19.

Tidak hanya dunia, sebagai bagian dari perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa. PT. ISS Indonesia peduli terhadap masalah perubahan iklim. Yaitu mendukung upaya yang kita semua bisa lakukan untuk ikut berkontribusi pada Earth Hour. Salah satunya mematikan listrik selama 1 jam yang akan dilakukan serentak oleh penduduk dunia.

Berbagai hal bisa bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian alam yang ada di bumi. Sangat sederhana tapi berat melakukannya, semua tergantung niat.
Beberapa diantaranya adalah:

A. Mengurangi penggunaan barang sekali pakai

Menumpuknya sampah yang ada di masyarakat berakibat buruk pada bumi, hal ini terus meningkat dari tahun ke tahun. terutama di negara kita Indonesia yang telah menduduki posisi kedua setelah Cina. Itu semua disebabkan dengan kebiasaan kita yang seringkali menggunakan bahan sekali pakai seperti plastik maupun botol.
Hingga saat ini plastik adalah masalah serius yang mengancam keselamatan bumi. Bisa dibayangkan, tumpukan sampah yang menghambat aliran air di sungai sehingga menimbulkan banjir bahkan merusak ekosistem laut.
Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut berlanjut secara terus-menerus, mari kita memulai dengan menggunakan bahan-bahan yang bersifat reusable seperti botol minum, tas belanja, wadah, hingga alat makan.

B. Menghemat kertas 

Setiap hari kita pasti menggunakan atau paling tidak berhubungan dengan kertas. Penggunaan kertas yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada hutan - hutan kita yang justru mengambil peranan penting dalam pelestarian lingkungan.
Lalu apa yang bisa kita lakukan? sebagai orang biasa yang tidak memiliki kekuatan politik juga kebijakan yang bisa merubah segala sesuatunya dengan sistem.  Namun kita bisa merubah menjadi orang yang luar biasa, apabila bisa berperilaku ramah terhadap hutan. Salah satunya dengan menghemat kertas karena 70% bahan kertas menggunakan kayu dari hutan.
Selain itu di zaman yang serba canggih dan penuh teknologi ini, akan lebih baik jika kita menggunakan soft file sebagai alat untuk menyimpan media sekaligus untuk mengontrol penggunaan kertas.

C. Menggunakan listrik dan air secukupnya

Di zaman modern ini, hampir semua aktivitas kita membutuhkan listrik. Yaitu melalui barang-barang elektronik seperti gadget, laptop, televisi, lampu dan peralatan lainnya. Tidak hanya listrik sama halnya dengan air, apabila penggunaannya secara berlebihan justru menyebabkan efek buruk pada bumi kita.
Salah satu tindakan yang bisa kita lakukan untuk menghemat kedua energi tersebut adalah:

--- mematikan semua peralatan elektronik jika tidak digunakan,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN