Mohon tunggu...
Juan Manullang
Juan Manullang Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengingat Masa Lalu atau Mencari Masa Depan?

8 Maret 2024   13:16 Diperbarui: 8 Maret 2024   13:23 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam menjalani kehidupan tentu saja tidaklah mudah. Kita akan disuguhkan dengan namanya kesedihan, kekecewaan, masalah, bahagia, sukacita dan lain sebagainya. Namun demikian, hidup terus berjalan dan waktu terus berputar. Tidak selamanya kita mengalami kekecewaan, kesedihan, kebahagiaan maupun sukacita. Maka dari itu, jadikan semuanya itu masa lalu kita yang tak perlu disesali dan diingat apalagi dijadikan beban hidup.

Namanya hidup, kita harus menjadikan masa lalu sebagai pelajaran untuk tidak terjerumus ke lubang yang sama. Masa lalu itu hanya kenangan tetapi tidak untuk melemahkan hati dan pikiran kita. Cobalah berpikir untuk mencari masa depan tanpa harus mengingat dan menyesali masa lalu.

Setiap orang pernah kecewa, menangis dan bersedih sampai berlarut-larut, namun harus diingat hidup terus berjalan. Jangan sampai hal tersebut membuatmu jatuh terinjak dan terkubur sehingga tidak ada niatan untuk mencari masa depan.

Carilah masa depan dengan mengubur masa lalu dan menjadikan masa lalu pelajaran hidup. Di ujung jalan sama, sudah ada kebahagiaan yang sedang menunggu. Jalanmu masih panjang dan cobalah bergerak dan berjalan sedikit demi sedikit menuju masa depan.

Jika kamu pernah tersakiti oleh pasangan, bukan berarti sakit itu diingat dan diingat sampai bersedih tiada habisnya. Ingat bahwa ada sosok yang menantimu di masa depan bahkan sudah ada didepan mata. 


Lihatlah banyak orang yang berkali-kali gagal dalam mencari sebuah pekerjaan, namun di percobaan selanjutnya dia bisa menang. Kegagalan bukan jadi beban hidup tetapi jadi pelajaran untuk jadi pemenang.

Dalam mencari sebuah cinta sejati seperti itu juga, jika gagal dalam cinta, boleh menangis tetapi tidak untuk diingat terus dan membuat kamu terpuruk dan bersedih terus. Sadarkah, sudah ada yang menantimu dan mendoakanmu selalu.

Karena itu, cobalah mencari masa depan dengan sebuah usaha dan perjuangan. Ingat kata pepatah, "tidak ada perjuangan yang sia-sia". Itulah yang saat ini saya lakukan yakni berjuang dan berusaha. Tak pernah menyerah meskipun gagal. Tak pernah berhenti mencoba terus karena nanti hasilnya akan indah.

Dari banyaknya pergumulan hidup yang sudah kita rasakan, ingatlah, "semua akan indah pada waktunya". Jangan pernah berhenti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun