Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution Harus Membuktikan Bahwa Dinasti Politik Itu Baik

30 Juli 2020   15:57 Diperbarui: 30 Juli 2020   15:57 44 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution Harus Membuktikan Bahwa Dinasti Politik Itu Baik
Sumber: Kompas.com

Ramainya isu-isu dinasti politik tentu membuat risih keluarga Jokowi. Hal itu karena banyak juga masyarakat, pengamat maupun politisi yang selalu melemparkan isu itu dan mempermasalahkan dinasti politik.

Sebab itu, menjadi tantangan sebenarnya untuk Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming untuk memutus paradigma buruk tentang dinasti politik.

Caranya adalah Gibran dan Bobby harus siap sedia untuk menjadi pemimpin yang dipercaya rakyat karena kinerja yang baik.

Terlebih, mampu memutus mata rantai tindak pidana korupsi yang sering dilakukan oknum birokrat, kepala daerah maupun pejabat negara di pusat.

Di dalam pikiran rakyat dan pengamat politik menitikberatkan dinasti politik sangat berbahaya karena melihat kasus korupsi Ratu Atut.

Beberapa jabatan strategis kabupaten/kota di Banten dijabat keluarga terpidana korupsi alat kesehatan Ratu Atut Chosiyah.

Ratu Atut adalah mantan Gubernur Banten tersangkut korupsi alat kesehatan, kasus suap mantan Ketua MK Akil Mochtar dan lainnya. Bersama Atut, adik kandungnya, Tubagus Chaeri Wardhana juga ikut tersangka kasus yang sama  dilansir dari detik.com, 18/7/2018.

Itu pembuktian bahwa dinasti politik dapat menjadi bahaya bila apa yang dilakukan Ratu Atut terjadi pula pada dinasti politik selanjutnya di pilkada tahun ini.

Oleh karena itu, kita berharap agar Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution bisa menghilangkan ketakutan terhadap buruknya dinasti politik. Bisa membuktikan dinasti politik itu bagus.

Caranya adalah dengan tidak mengandalkan sosok keluarga untuk memenangkan mereka nanti. Tidak melakukan praktik korupsi dan amanah terhadap tugas dan tanggungjawab mereka sebagai kepala daerah.

Andai Bobby dan Gibran berhasil menunjukkan atau membuktikan diri bahwa mereka adalah pemimpin yang bersih, integritas, bertanggungjawab dan bisa menjadi sahabat bagi rakyatnya maka bukan tidak mungkin pikiran buruk terhadap dinasti politik akan sirna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN