Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Sofyan Basir Bebas, Apakah Integritas KPK Dipertanyakan?

4 November 2019   15:42 Diperbarui: 4 November 2019   16:00 194 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sofyan Basir Bebas, Apakah Integritas KPK Dipertanyakan?
Sofyan Basir, Media Indonesia/Bary Fathahilah

Mantan Dirut PLN Terkait dugaan korupsi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Riau-1, Sofyan Basir divonis bebas

Dilansir dari mediaindonesia.com, 4/11/2019, dalam putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Sofyan tidak terbukti memfasilitasi pemberian suap dari pengusaha Johanes Kotjo kepada mantan anggota DPR Eni Maulani Saragih dan mantan Mensos Idrus Marham.

Tentu dengan bebasnya Sofyan Basir sangat mengejutkan kita. Biasanya, KPK sangat jarang kalah dalam proses penegakan hukum korupsi. Sebab itu, kemungkinan besar akan banyak yang mempertanyakan kapasitas dan integritas KPK saat ini.

Kemungkinan itu akan terjadi. Sebelum revisi UU KPK yang waktu lalu diterbitkan, ada beberapa anggota DPR yang gencar mempertanyakan kapasitas KPK dalam proses penegakan hukum korupsi, oleh karena itu, dilakukan revisi dengan tujuan memperkuat KPK.

Sebelumnya juga, dipertanyakan kelanjutan kasus dari RJ Lino mantan Dirut Pelindo yang juga kasusnya masih mandek.

Berkaca dari itulah, saya mengatakan bahwa bebasnya Sofyan Basir memungkinkan banyak pertanyaan mengenai kapasitas KPK dalam memproses hukum kasus korupsi.

Kita tahu bahwa masyarakat sekarang sangat kritis, apalagi para wakil rakyat kita. Bisa jadi akan banyak serangan kepada KPK. Akan dipertanyakan seberapa kuat bukti-bukti yang diajukan KPK ke pengadilan mengapa bisa kalah dalam kasus Sofyan Basir.

Semakin baik

Harapan kita semua bahwa KPK kedepannya dapat lebih baik. Dengan tidak diterbitkannya Perppu KPK sesuai pernyataan Pak Jokowi, menjadi tantangan tersendiri buat KPK untuk menambahkan lagi semangat dan integritasnya.

Meski ada Dewan Pengawas, semoga tidak melemahkan KPK dalam bekerja. KPK harus menjadi lebih baik dari sebelumnya. Periode KPK yang baru nanti harus bisa menjawab ekspektasi masyarakat dalam penegakan hukum korupsi.

Kita tak ingin KPK terburu-buru dalam proses hukum. KPK harus lebih teliti agar integritasnya tidak dipertanyakan. KPK juga harus terus melakukan OTT sebagaimana sebelumnya, meski harus ada Dewan Pengawas. Ikuti saja aturan yang ada pasti semuanya akan baik-baik saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN