Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Nasdem Semakin Mendekati Anies Baswedan untuk Pilpres 2024

1 November 2019   14:15 Diperbarui: 1 November 2019   14:19 84 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nasdem Semakin Mendekati Anies Baswedan untuk Pilpres 2024
Sumber: ANTARA FOTO/FAUZI LAMBOKA

Ternyata oh ternyata Nasdem semakin mendekati Anies Baswedan menuju Pilpres 2024. Partai Nasdem segera menggelar kongres dan mengundang Anies dalam acara tersebut. 

Saya semakin yakin bahwa Anies diundang adalah bentuk konsolidasi agar beliau menjadi kandidat kuat calon Presiden Nasdem di tahun 2024. Ketua DPP Nasdem Willy Aditya mengatakan Nasdem bakal membahas strategi pemenangan pemilu 2024 pada kongres tersebut (detik.com, 1/11/2019).

Ketika hal itu dibahas semakin menegaskan bahwa Anies yang diundang dalam kongres akan ikut membahas strategi pemenangan 2024. Dengan demikian, semakin nyata pula bahwa Nasdem sedang melirik Anies yang akan maju di pemilu 2024. Bisa jadi dengan Khofifah Indar Parawansa yang ikut pula diundang dalam kongres Nasdem.

Begitulah pengamatan saya sebagai masyarakat awam melihat manuver politik Nasdem saat ini. Memang tak masalah, karena berpolitik itu butuh strategi matang agar tidak terlindas dan kalah. Politik itu dinamis, tak bisa diterka atau diprediksi. Secepat kilat semua bisa terjadi di politik.

Maka dari itu, jauh-jauh hari Nasdem sudah menyiapkan kekuatan, amunisi, taktik dan strategi dalam bertarung di pemilu 2024.

Saya juga semakin yakin bahwa kedatangan Surya Paloh ke DPP PKS semakin menguatkan mereka akan berkoalisi di pemilu 2024. Belum lagi, Surya Paloh juga akan bersafari ke partai-partai lainnya seperti Demokrat dan PAN.

Ah sudahlah, saya sebagai pengamat politik amatir hanya mengikuti dinamika politik saat ini dan mencoba berpendapat dengan apa yang saya amati.

Bisa jadi itu mungkin teman-teman sekalian. Cuma, saya sanksi jika Anies Baswedan yang dicalonkan, maka Nasdem akan menang pemilu 2024. Sulit untuk memprediksi Anies akan menang dalam pemilu 2024 mendatang, karena Anies belum memberikan kinerja yang memukau dan terobosan program yang keren. Sekarang saja, Anies sedang diserang dengan rencana anggaran lem Aibon sekitar Rp. 82 miliar dan  ballpoint Rp. 124 miliar.

Rencana anggaran itu saja sangat kontroversi saat ini. Nah, bagaimana mau mencalonkan diri di pemilu 2024 kalau masih ada kontroversi?. Sulit juga sih, untuk menang. Belum lagi janji rumah DP 0 persen belum terlihat. Cuma, lajur sepeda saja yang kita lihat sudah dipersiapkan.

Maka dari itu, sebaiknya jika Anies mau maju di pemilu 2024 dari partai Nasdem, maka perkuat kinerja yang baik dan terobosan program jitu yang membuat rakyat terhanyut dan terkagum-kagum. Jika itu belum dibuktikan, maka sulit untuk maju, apalagi menang di pemilu 2024.

VIDEO PILIHAN