Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Pilihan

Masuk Akalkah Dugaan PLN Soal Pohon Tinggi Penyebab Listrik Padam?

6 Agustus 2019   21:25 Diperbarui: 6 Agustus 2019   21:45 75 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masuk Akalkah Dugaan PLN Soal Pohon Tinggi Penyebab Listrik Padam?
Anggota Ombudsman Laode Ida (Kompas.com)

PLN menduga pasokan listrik terganggu karena ada jaringan saluran udara tegangan ekstratinggi (SUTET) yang mengalami korsleting terkena pohon tinggi di daerah Gunungpati, Ungaran.

Ombudsman mempertanyakan lebih jauh, tidak hanya menjelaskan pohon tinggi mengakibatkan transmisi terganggu.

"Jangan seperti itu, selama ini pohon itu pendek atau hanya terjadi pada Minggu kemarin pohon itu tinggi?" ungkap Laode Ida anggota Ombudsman RI (detik.com, 6/8/2019).

Memang tidak masuk akal juga kalau karena pohon tinggi menyebabkan padamnya listrik hampir di seluruh pulau Jawa. Apakah selama ini pohon tinggi itu tidak ditebang atau disingkirkan dari area SUTET?. Andai tidak disingkirkan berarti ada kelalaian. Harusnya pihak PLN memperhatikan segala area SUTET yang ada di seluruh daerah. Bukankah PLN berada di seluruh daerah di Indonesia?.

Harus mau bekerja keras dalam memperhatikan listrik di Indonesia. Saat ini semua butuh listrik. Jadi, ketika listrik padam, maka aktivitas sangat terganggu. Tanpa listrik, maka hidup ini terasa hampa, seperti hampanya hati tanpa cinta, hehehe.

Dampak padam listrik begitu masif sampai transportasi seperti MRT, commuter line, ojek online dan aktivitas perdagangan online pun lumpuh. Akhirnya pihak pengusaha dan konsumen mengalami kerugian.

Karena itu, listrik begitu berarti dalam kehidupan yang semakin modern ini. Kita hidup dengan listrik. Bahkan transportasi saat ini sudah digelorakan memakai listrik. Jadi, andai listrik padam-padam saja, hancur sudah kehidupan.

Jadi, PLN harus terus bekerja keras. Kedatangan Pak Jokowi ke kantor pusat PLN adalah bentuk keras agar PLN segera berbenah dan memperbaiki kualitas pelayanan listrik dengan baik. Dengan demikian, rakyat akan hidup lebih baik dengan pelayanan listrik yang baik.

Saya juga berharap ini menjadi pelajaran berharga. Diseluruh daerah di Indonesia harusnya bebas padam listrik. Kalaupun ada kerusakan, maka PLN harus cepat bekerja demi kebaikan rakyat itu sendiri. Toh, juga rakyat membayar listrik, jadi pelayanan harus sebanding dengan apa yang dibayar.

Kita juga tak mau ada yang dirugikan dengan padamnya listrik ini. Keinginan semua pihak ingin hidup lebih baik, lebih layak dan lebih sejahtera. Jadi, tolong juga pemadaman listrik yang dikatakan akibat pohon tinggi dikroscek apakah itu sebuah kebenaran?.

Jika tidak, tentu ini hanya alasan semata yang menyakitkan kita. Terakhir, semoga ini jadi bahan pembelajaran buat kita. Bukan hanya untuk PLN, untuk pengusaha, pemerintah, tetapi untuk kita semua karena negara ini milik kita bersama.   

VIDEO PILIHAN