Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Apresiasi Buat Surya Paloh dari Vatikan

8 Juni 2019   11:12 Diperbarui: 8 Juni 2019   11:22 0 1 2 Mohon Tunggu...
Apresiasi Buat Surya Paloh dari Vatikan
Sumber: mediaindonesia.com

Kita begitu membutuhkan orang-orang yang berperan penting dalam menjaga keberagaman di Indonesia. Tokok agama dan tokoh politik juga memiliki peran sangat penting dalam menjaga keberagaman di Indonesia ini.

Karena, tokoh agama dan tokoh politik-lah yang paling pas dan mengajak seluruh masyarakat untuk cinta pada keberagaman. Seperti layaknya tokoh agama yang tentu dekat dengan umatnya dalam acara-acara keagamaan dan ibadah. Begitu juga tokoh politik yang punya kader juga di seluruh Indonesia, punya pendukung dan barisan relawan yang pas sekali bila diajak dan diedukasi mencintai keberagaman yang ada.

Karena itulah, ayo tokoh agama dan tokoh politik terus bekerja untuk keberagaman dan kemanusiaan. Pacu masyarakat, pendukung dan relawan untuk bergerak menghargai dan menghormati sesama tanpa pandang suku, agama, ras dan antargolongan.

Begitu berbanggalah kita bila ada tokoh agama dan tokoh politik yang kita lihat aktif menyuarakan keberagaman dan kebersamaan. Rasanya, hal itu mampu mengubah dunia lebih aman dan berwarna, dimana tidak ada intoleransi dan radikalisme.

Terkait dengan itu, saat ini ada tokoh politik kita yang mendapatkan apresiasi dari Vatikan, Roma, Italia yaitu Surya Paloh.

Beliau mendapat apresiasi dari tahta suci karena Ketua Umum Partai Nasdem tersebut dinilai memiliki komitmen yang kuat dalam membangun nilai-nilai keberagaman di Indonesia yang menyebabkan Vatikan memiliki akses dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Vatikan juga memuji Surya Paloh karena ketokohannya yang secara aktif mewujudkan toleransi serta kerukunan antarumat beragama. Apresiasi itu diungkapkan Sekretaris Dewan Kepausan Kementerian Dialog Antaragama, P. Markus Solo Kewuta SVD saat menerima Wasekjen Partai Nasdem Hermawi Franziskus Taslim di kantornya di Vatikan, Roma, Italia, awal pekan ini. (mediaindonesia.com 7/6).

Memang kalau kita perhatikan bersama bagaimana Pak Surya Paloh dalam setiap kampanyenya selalu mengajak para kadernya dan masyarakat untuk menjaga persatuan. Tak ada gunanya pemilu kalau bangsanya tidak bersatu. Kita sering mendengar pidato beliau selalu menginginkan persatuan dieratkan terus. Dalam hal inilah kita melihat bahwa sosok Surya Paloh berkomitmen menjaga perdamaian dan keberagaman.

Kita patut berbangga dengan sikap beliau tersebut. Harapannya akan semakin banyak pula petinggi partai politik maupun politisi partai yang menggaungkan terus semangat keberagaman diantara kita. Apa yang didapatkan oleh beliau, harapannya dapat memacu politisi lainnya untuk semangat pula menjaga keberagaman. Meniru apa yang dilakukan oleh beliau. Sehingga akan semakin banyak masyarakat yang seperti itu. Dengan begitu, tercipta perdamaian dunia yang kita cita-citakan selama ini.

Terimakasih Pak Surya Paloh karena sudah menginspirasi bangsa Indonesia, baik itu politisi, tokoh agama dan pejabat negara lainnya. Semoga pencapaian ini berguna sebagai pemompa semangat kita menjaga keberagaman.

Keberagaman saat ini sangat penting semakin dikuatkan demi mencegah kita terus bertengkar atas nama agama, suku, ras dan antargolongan. Dengan pencapaian tersebut, maka saatnya kita untuk lebih mencintai namanya keberagaman. Mengenal sesama sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Sekali lagi, selamat buat Pak Surya Paloh.

Salam Kompasianer!!