Mohon tunggu...
Juanda
Juanda Mohon Tunggu... Kompasianer Taruna

Salam Hati Gembira

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

7 Kiat Membuat Tagline yang Menarik

3 Juli 2019   15:31 Diperbarui: 3 Juli 2019   15:46 0 11 1 Mohon Tunggu...
7 Kiat Membuat Tagline yang Menarik
analyticsindiamag.com

"Dengan kesan pertama yang begitu menggoda, akan menimbulkan langkah kedua dan seterusnya."

Mendengar kata tagline langsung mudah untuk dipahami artinya, daripada mencari tahu definisinya. Kehadiran tagline adalah mewakili sebuah logo atau merek atau gambar dalam kata yang singkat, supaya lebih mudah untuk diingat.

Namun tagline tidak sedang menjelaskan produk atau pekerjaan apa yang sedang diwakili dalam sebuah logo atau merek atau gambar itu. Contoh: Pegadaian: Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah, Telkom: The World in Your Hand, Nike: Just Do It, Tokopedia.com: Ciptakan Peluangmu, Blibli.com: Big Choices Big Deals, AirAsia: Now Everybody Can Fly dan lainnya.

Sering juga disamakan antara tagline dengan slogan. Menurut KBBI kata Slogan: 1 perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu; 2 perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya.

Selain itu ada istilah moto, semboyan atau jargon, yang sering sulit untuk bisa membedakannya secara jelas dalam sebuah definisi. Namun jika diucapkan, maka bisa dipahami oleh seseorang sesuai dengan frame of reference dan field of experience daripada orang itu.

Menurut KBBI kata Moto: 1 kalimat, frasa, atau kata yang digunakan sebagai semboyan, pedoman, atau prinsip; 2 kalimat, frasa, atau kata yang tertera di atas sesuatu yang menggambarkan sifat atau kegunaan benda itu. Mirip-mirip, bukan?

Dan di bawah ini ada 7 kiat dalam membuat sebuah tagline yang menarik untuk mendampingi sebuah logo atau merek atau gambar yang ada, yaitu:

1. Keunggulan
Memosisikan dirinya dengan tepat. Menimbulkan bayangan atau efek yang 'wow' saat melihatnya, sehingga akan menimbulkan keingintahuan lebih lanjut.

2. Keuntungan
Memiliki nilai jual, sehingga bukan saja masalah tampilan seninya yang keren, namun menimbulkan minat melihatnya, untuk mencari tahu tentangnya lebih lanjut.
Kan memang tujuannya, supaya konsumen terpikat, karena ada keuntungan yang akan diperolehnya. Kalau dalam pemilihan (pilkada, pileg, pilpres dan pemilihan lainnya), supaya para pemilihnya mau memilihnya, karena akan menguntungkan para pencoblos itu sendiri.

3. Kejujuran
Bisa saja bersifat bombastis dalam penyusunan kata-kata, namun tetap sesuai visi dan misi yang sedang dikerjakan. Tidak membohongi konsumennya, karena antara tagline dan isinya tidak ada kaitannya sama sekali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x