Mohon tunggu...
Juanda
Juanda Mohon Tunggu... Kompasianer Taruna

$alam Hati Gembira ...

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

10 Cara Kembalikan Semangat Produktif

10 Juni 2019   20:40 Diperbarui: 10 Juni 2019   23:07 536 12 1 Mohon Tunggu...
10 Cara Kembalikan Semangat Produktif
psiloveyou.xyz

"Semangat itu sangat menentukan kreativitas seseorang dalam mengisi waktu yang tersedia."

Harmonisasi hidup manusia telah tertata, ada waktu istirahat dan bermain, sekolah atau kerja. Setiap enam hari beraktivitas (sekolah atau kerja), maka ada 1 hari istirahat. Perhitungan ini di luar jadwal libur umum, cuti bersama dan cuti pribadi. Jangankan berlibur lama, dalam keseharian jikalau virus kemalasan itu tiba, maka terasa berat untuk mengisi hidup secara produktif.

Apalagi jikalau mengalami liburan yang begitu panjang, maka pola hidup telah berubah drastis. Sebelumnya yang begitu sibuk dengan aneka tuntutan dan target, lalu tiba-tiba sirna semua. Bisa bangun tidur terlambat (molor/mbangkong), hingga berleha-leha untuk menghabiskan waktu sepanjang hari tanpa ada yang menekannya.

Di sisi lain ada yang mudik atau berlibur di tempat tertentu, yang mana akan membiasakan dengan susunan acara yang tidak seperti biasanya dalam kesehariannya. Hal ini tentu saja akan membentuk cara hidup yang berbeda pula dari biasanya.

Kemudian di saat tertentu, harus kembali pulang dan kembali kepada pola hidup atau kerja seperti biasanya. Hal ini tentu saja menjadi sebuah beban untuk yang bukan gila kerja (workaholic). Apalagi jika liburan itu melelahkan secara fisik, akan menjadi beban yang lebih lagi, seperti: mengalami kemacetan berjam-jam atau Jet Lag.

Di bawah ini ada 10 cara untuk mengembalikan semangat produktif, yang sebelumnya telah dimanjakan dengan pikiran dan tubuh yang relaks akibat liburan. Kesepuluh ini akan dipisah menjadi 2 bagian, yaitu yang berasal dari dalam diri dan dari luar diri, yaitu:

Dari Dalam Diri

Motivasi Diri. Obat lapar itu makan. Obat bodoh itu belajar. Tidak ada obat yang paling manjur untuk bisa melakukan sesuatu, jikalau kita tidak mau melakukannya.

Maka ketika pulang dari liburan dan itu terakhir untuk menikmati liburan, maka stres bisa mulai menyapa. Maka lawanlah stres atau kemalasan itu dengan memotivasi diri sendiri untuk persiapan kerja lagi.

Segarkan Diri. Biasa pulang setelah liburan lama, maka pikiran masih terikat atau terbayang-bayang dengan aktivitas sebelumnya itu. Di sinilah perlu segera untuk menyegarkan diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x