Mohon tunggu...
Carica Dieng
Carica Dieng Mohon Tunggu...

Jual Carica Khas Dieng Harga termurah 085236100090

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Cara Mudah Membuat Manisan Carica Segar

25 Januari 2019   15:10 Diperbarui: 25 Januari 2019   15:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

Carica merupakan salah satu manisan yang cukup polpuler akhir akhir ini. Manisan khas dataran tinggi Dieng ini memiliki banyak peminat. Selain karena rasanya yang manis, manisan carica juga memiliki rasa khas tersendiri yang bebeda dengan manisan lainnya. Buah carica hampir serupa dengan buah pepaya, namun teksturnya lebih keras dan rasanya tidak terlalu manis. Buah carica juga tidak bisa dimakan secara langsung, oleh karena itu harus diolah dulu menjadi manisan, ada juga diolah menjadi dodol carica.

Jika kamu ingin membuat manisan carica ini sendiri dirumah, resepnya sangat gampang :

Bahan-bahan

1 kg Carica segar

1/2 kg gula pasir

2 sdm kapur sirih untuk merendam

Air

Langkah

Kupas buah carica cuci bersih lalu belah jadi dua untuk mengambil bijinya, setelah di ambil bijinya potong-potong buah carica sesuai selera (biasanya berbentuk dadu) lalu rendam dengan kapur sirih selama 1 jam.

Untuk membuat sirupnya supaya wangi khas carica,biji dari carica di kasih air lalu remas-remas biar sari buah carica keluar, lalu saring.

Setelah 1 jam di rendam, tiriskan dari rendaman kapur sirih. Cuci bersih sebelum di rebus.

Rebus buah carica dengan air biji yang tadi diremas, tambahkan air bila dirasa kurang cukup. Rebus bersama gula sampe matang, angkat lalu dinginkan. Setelah dingin masukan ke lemari es, tunggu beberapa saat.

Manisan carica dingin siap di hidangkan dingin-dingin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x