MANAJEMEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Manajemen sudah tidak asing lagi bagi semua orang, namun bagi sebagian orang salah memahami istilah "manajemen". Ketika mendengar istilah "Manajemen", mungkin pikiran kita langsung tertuju pada salah satu jurusan bisnis atau ekonomi, atau suatu bayangan pada sebuah perusahaan besar.Â
Pandangan ini sebagian benar, tetapi tidak sepenuhnya benar, karena manajemen bukan hanya dominan pada ekonomi atau perusahaan besar. Manajemen sangat dibutuhkan untuk suatu organisasi apa pun itu, baik itu untuk keuntungan, sosial atau yang lainnya. Bahkan diperlukan bagi setiap orang untuk mengelola semua kegiatan setiap hari agar mencapai tujuan dengan cara yang efisien dan efektif.
Manajemen industri secara umum adalah restrukturisasi perusahaan yang dilakukan oleh suatu industrial untuk mencapai tujuan usahanya yang lebih efektif dan efisien.Â
Manajemen industri yaitu kemampuan untuk mengembangkan suatu industrial sesuai dengan asas perencanaan dan pengendalian, serta melaksanakan tugas-tugas manajemen untuk mencapai tujuan bisnis sehingga tingkat manajemen didukung oleh gerakan keterampilan yang diperlukan staf untuk pasar yang ada.Â
Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan jika manajemen industri erat kaitannya dengan usaha menjaga kerjasama dalam himpunan atau suatu organisasi agar tujuan yang direncanakan dapat tercapai dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.
Kemudian Manajemen 4.0 merupakan bagian dari revolusi industri yang keempat yang ditandai dengan masuknya elemen digital untuk perubahan industri. Manajemen 4.0 adalah tanggapan terhadap persyaratan manajemen baru, yang memastikan pengumpulan data secara real-time untuk pengambilan keputusan yang lebih praktis.Â
Pada dasarnya, manajemen 4.0 berfokus pada dua prinsip utama yaitu pembaharuan industri melalui teknologi dan mengamati perilaku pelanggan. Persimpangan dari konsep-konsep ini memungkinkan manajemen bisnis yang lebih strategis dan aliran pendapatan yang lebih kreatif dan inovatif.Â
Manajemen 4.0 tidak hanya menkonsilidasi teknologi dengan kebutuhan pasar. Ini juga menunjukkan bahwa perlu memrefleksikan perilaku merek dan pelanggan perusahaan.Â
Manajemen 4.0 diatur pada prinsip-prinsip penting yang berlanjut dengan generasi baru perubahan di bidang industri ini. Memprioritaskan pelanggan dalam pengambilan keputusan, tawarkan layanan multi-saluran, dan sadari nilai mekanisme. Pekerjaan penunjang tersebut memerlukan keterampilan yang mencukupi atau keterampilan yang digunakan untuk mencapai kualitas baik.
Pokok penting dalam manajemen di era Revolusi Industri 4.0 yaitu konsep otomasi berbasis data dan online yang dilakukan oleh mesin sehingga peran kemampuan manusia dalam permekanismean alat dihilangkan. Revolusi Industri 4.0 diasumsikan akan menumbuhkan ekonomi dan karakteristik hidup secara relevan.Â