Mohon tunggu...
Jordan Munthe
Jordan Munthe Mohon Tunggu... Mahasiswa - (-)

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

Sudah Siapkah Masyarakat Menyentuh Metaverse?

13 Juni 2022   12:20 Diperbarui: 13 Juni 2022   12:29 126 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Metaverse. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kemajuan dalam bidang teknologi merupakan sebuah hal yang sangat lumrah terjadi pada abad ke-21. Perusahaan-perusahaan besar berlomba menciptakan teknologi ataupun inovasi yang dimana menunjang aktivitas khalayak umum ataupun mencari keuntungan. Salah satu inovasi yang gencar-gencarnya adalah Metaverse.

Jika ingin menelusuri sejarah dari Metaverse, maka kita bisa melihat asalnya dari novel science-fiction Snow Crash karya Neal Stephenson dan Tony Sheeder. Dalam isinya diceritakan bahwa metaverse manusia berinteraksi dengan satu sama lain menggunakan avatar melalui ruangan virtual yang merupakan metafora dari dunia nyata.

Memasuki 2000an dengan gencarnya perkembangan internet yang sangat pesat, muncul beberapa  inovasi lahir seperti VR (Virtual Reality), Bitcoin dan lainnya. Kemudian, Mark Zuckerberg selaku CEO dari Facebook menciptakan Metaverse yang dimana merupakan sebuah platform yang berisikan dunia virtual yang dimana manusia dapat berinteraksi dengan sesama secara virtual, hiburan dan bisnis serta perdagangan secara virtual.

Dengan munculnya metaverse, masyarakat banyak yang tertarik dengan metaverse. Namun, ada beberapa masyarakat yang belum tertarik untuk mencobanya. Ada beberapa faktor penyebabnya seperti dana untuk menggunakannya terbilang tidak murah, kurang mengerti soal teknologi tersebut serta koneksi internet di beberapa daerah yang masih belum tersebar secara menyeluruh. Selain itu, banyaknya kasus penipuan serta kasus kebocoran data yang berada di metaverse membuat masyarakat takut untuk menggunakannya.

Pemerintah yang memiliki tekad untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai metaverse yang mampu menunjang kegiatan masyarakat secara fleksibel bisa menggunakan berbagai cara untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan metaverse. Pertama adalah melakukan seminar mengenai metaverse. 

Selanjutnya adalah memberi alat secara gratis untuk kebutuhan pengetahuan serta memperbaiki koneksi internet di Indonesia menjadi lebih baik. Selain itu juga meningkatkan keamanan data masyarakat agar mengurangi kasus-kasus kriminal. Dengan solusi tersebut, masyarakat akan memiliki ketertarikan terhadap inovasi tersebut dan terbiasa menggunakannya dalam menunjang kegiatan sehari-hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan