Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Membaca Gambar, Cara Sederhana Agar si Kecil Bisa Membaca

1 Juli 2020   07:46 Diperbarui: 2 Juli 2020   13:50 1140 32 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membaca Gambar, Cara Sederhana Agar si Kecil Bisa Membaca
Beberapa orang anak tampak serius membaca buku kesukaannya saat Rumah Baca Barakate, Komunitas Hikayat Tanah Hitu. Foto diambil pada Minggu, (30/5/2017).| Sumber: KOMPAS.com/Rahmat Rahman Patty

Saat ini para siswa libur akhir tahun ajaran. Para siswa baru di tingkat SD sudah jelas diterima di sekolah tertentu. Ya setelah orangtua dag dig dug akan nasib anaknya bisa diterima di sekolah negeri ataukah tidak. 

Sebagai persiapan untuk menapaki jenjang pendidikan di atasnya, ada baiknya orangtua menyiapkan bagaimana anaknya bisa belajar di sekolah. Terutama bagi siswa baru di SD.

Mimpi Anak Lulusan TK

Siswa TK B yang baru saja lulus tentu bahagia karena akan belajar di bangku sekolah dasar. Setelah beberapa tahun merasa jenuh belajar dan bermain di TK bersama guru tercintanya.

Mimpi mendapatkan guru yang baik, sabar, dan teman yang ramah seolah membayangi pikiran mereka setiap hari. Bahkan mereka sudah membayangkan ke sekolah dengan mengenakan seragam merah putih.

Meski mimpi mengenakan seragam merah putih untuk saat ini juga terancam belum bisa terwujud karena masa pandemi Covid-19. Yang jelas, seragam SD sudah dipersiapkan. Dan si kecil mulai mencoba mematut diri di depan cermin. Sembari tersenyum melihat pantulan bayangan mereka di cermin.

Sebagai orangtua pasti juga merasa senang melihat semangat yang menyala di hati buah hatinya. Orangtua merasa diri semakin tua dan tak terasa buah hati yang dulu selalu dipangku dan ditimang ternyata sudah besar. Ada rasa bangga, haru dan bahagia menyelimuti hati.

Kesiapan Orangtua

Untuk menapaki jenjang SD, seorang anak harus dipersiapkan untuk bisa "masuk" ke lingkungan baru. Karenanya orangtua harus siap dengan beberapa hal. Mengingat anak baru dalam masa peralihan TK ke SD.

Mental orangtua harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memberikan motivasi bagi anak-anak. Termasuk dalam belajar calistung.

Ada banyak siswa baru SD yang sudah siap untuk belajar semaksimal mungkin. Artinya sudah paham calistung. Ini akan memudahkan guru dalam proses pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x