Mohon tunggu...
Joko Yuliyanto
Joko Yuliyanto Mohon Tunggu... Penulis - Esais

Penulis buku dan penulis opini di lebih dari 150 media berkurasi. Penggagas Komunitas Seniman NU dan Komunitas Partai Literasi.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Sosialisasi Ekonomi Digital

7 Desember 2022   13:00 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:03 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Digitalisasi Ekonomi | pixabay.com/geralt

Semakin pesatnya perkembangan bisnis atau transaksi perdagangan yang menggunakan layanan internet sebagai media berkomunikasi, berkolaborasi, dan bekerjasama antar perusahaan dan atau individu. Berbagai platform perdagangan elektronik yang terus tumbuh menjadi angin segar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia untuk memasarkan produknya.

Kesenjangan digital antara daerah satu dengan yang lain membuat perkembangan ekonomi digital nasional masih belum optimal. Akses internet dan infrastruktur teknologi masih berpusat di Jawa dan Sumatra yang mengakibatkan daerah lain ketinggalan informasi digital.

Sementara di tingkat individu atau perusahaan, kemampuan memanfaatkan sumber daya menjadi modal mengusai industri digital. Sementara mereka yang kurang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan internet akan tertinggal dan mengalami kebangkrutan. Perkembangan ekonomi digital menimbulkan dampak negatif yang memiliki keterampilan yang rendah di bidang teknologi informasi.

Perkembangan ekonomi digital mengakibatkan banyak toko ritel atau kelontong kalah bersaing dengan e-commerce yang banyak dicari masyarakat modern. Ekonomi digital memberi konsep bisnis yang bersifat costumer oriented dan competition oriented. Pertumbuhan e-commerce diperkirakan bisa tembus 18 persen per tahun yang dapat berkontribusi banyak terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Sudah banyak generasi milenial belajar ekonomi digital dan menjadi pengusaha mandiri dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Christine Lagarde, menyatakan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar karena ada 1.700 usaha rintisan. Tugas pemerintah memastikan bahwa ekonomi digital harus dapat menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Indonesia sedang berada dalam bonus demografi yang diharapkan agar generasi muda lebih menguasai perkembangan teknologi.

Pemerintah harus mendorong tumbuh kembang industri kreatif yang memiliki keunikan melalui fasilitasi permodalan, pembukaan pasar (diversifikasi pasar), dan pemberian insentif di bidang perpajakan. Insentif pajak ini menjadi penting untuk memberi ruang gerak pengusaha baru untuk mengembangkan usahanya.

Implementasi

Perlu analisis matang menyambut geliat ekonomi digital di masa mendatang. (1) Strength, bahwa Indonesia punya potensi besar berdasarkan realita bonus demografi dan juga ribuan bisnis digital yang didominasi pengusaha muda. (2) Weakness, namun perlu disadari bahwa kesenjangan teknologi masih terjadi di banyak daerah di Indonesia. Banyak daerah yang kurang bisa menikmati fasilitas digital akibat akses rendah internet dan seditiknya infrastruktur penunjang ekonomi digital.

Selain itu, pendidikan mengenai ekonomi digital belum menjadi agenda utama (penting) yang membuat masyarakat buta informasi dalam memanfaatkan ruang usaha di ruang digital. (3) Opportunities, perubahan peradaban yang masuk era industri digital menjadi kesempatan emas menujukan potensi nasional di mata dunia. Sehingga pergerakan ekonomi tidak berbasis pada pasar domestik, namun bisa merambah pasar internasional.

Threats, di sisi lain, ekonomi digital yang dapat menembuh batas ruang adminitratif negara menjadi ancaman jika produksi domestik kalah bersaing dengan produksi dari luar negeri. Dampaknya adalah masuknya banyak produk impor yang perlahan menghancurkan UMKM dan perusahaan industri dalam negeri.

Dari analisis tersebut, butuh implementasi yang matang dari pemerintah sebagai otoritas pengambil kebijakan menghadapi persaingan ekonomi digital. Dimulai dari pendidikan dasar tentang pentingnya masyarakat melek teknologi. Mengajari cara menciptakan peluang menjadi produsen (bisnis) digital. Sehingga tidak ada lagi UMKM yang gagap teknologi digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun