Mohon tunggu...
Yuniarto Hendy
Yuniarto Hendy Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis Lepas di China Report ASEAN

Youtube: Hendy Yuniarto

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih Artikel Utama

Pariwisata Meningkat Tentu Layak Dilanjutkan

27 Februari 2019   13:19 Diperbarui: 28 Februari 2019   14:17 984
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pantai Timang di Gunung Kidul, Yogyakarta

Pada rapat terbatas tahun 2015 presiden RI Joko Widodo menetapkan industri pariwisata sebagai leading sector karena telah berupaya memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia. Sampai pada tahun 2017 Pariwisata Indonesia berkontribusi 10% terhadap PDB nasional, nominal tertinggi di ASEAN. PDB pariwisata nasional tumbuh 4,8% hingga 6,9%, jauh lebih tinggi daripada industri pertanian, manufaktur otomotif dan pertambangan. 

Sektor pariwisata menduduki peringkat ke-4 penghasil devisa nasional, sebesar 9,3% dibandingkan dengan industri lain. Sepuluh besar perolehan devisa menurut lapangan usaha Indonesia adalah migas, batu bara, CPO, pariwisata, karet olahan, pakaian jadi, alat listrik, bahan kimia, kertas, tekstil, kayu olahan, perhiasan. Sektor industri pariwisata meningkat dari nomor 4 pada tahun 2013 -2015 menjadi nomor 2 di tahun 2016 dengan nilai US$ 13.568.

Pertumbuhan pendapatan devisa pariwisata tertinggi dibandingkan dengan industri minyak bumi gas alam, batubara, dan kelapa sawit yang memiliki pertumbuhan negatif. Adapun biaya pemasaran yang dibutuhkan hanya 2% dari devisa yang dihasilkan. Pariwisata Indonesia menyumbang 9,8 juta pekerjaan, atau 8,4% secara nasional dan peringkat keempat di semua sektor industri. 

Dalam penciptaan lapangan kerja, sektor pariwisata tumbuh sebesar 30% dalam waktu 5 tahun. Penciptaan lapangan kerja pariwisata terendah adalah dengan US $ 5.000/satu pekerjaan, dibandingkan dengan rata-rata industri lebih dari $ 100.000 / satu pekerjaan. 

Kesempatan kerja di bidang pariwisata dapat lebih ditingkatkan apabila sektor pendidikan yang menghasilkan SDM terkait pariwisata juga dapat dimajukan. Oleh karena itu kesempatan kerja di bidang pariwisata akan terbuka lebar, dan akhirnya akan mengurangi tingkat kemiskinan.

Pada tahun 2017 BPS mencatat sebanyak 14,4 juta wisatawan asing berpariwisata ke Indonesia. Jumlah tersebut tidak melampaui target yang ditetapkan pemerintah, yaitu sebanyak 15 juta wisatawan pada tahun 2017. Penyebab utama target yang tidak terpenuhi adalah terjadinya erupsi Gunung Agung di Bali. Bencana alam ini memberikan dampak yang cukup signifikan mengingat Bali masih menjadi destinasi utama untuk pariwisata Indonesia. 

Dilihat dari negara penyumbang wiasatawan terbanyak, Tiongkok menempati peringkat pertama yang menyumbang jumlah turis sebanyak 1,9 juta pengunjung. Selain Tiongkok, Singapura (1,4 juta), Malaysia (1,1 juta), Australia (1,1 juta), dan Jepang (493 ribu) adalah negara lima besar penyumbang jumlah wisatawan terbanyak di Indonesia.

Kementerian pariwisata pada tahun 2017 mempunyai anggaran sebesar 3,823 triliun rupiah dan terealisasi 89,65%, yaitu sebesar 3,198 triliun rupiah. Dari capaian kerja tahun 2017 pada indikator kinerja utama menunjukkan hampir semua realisasi lebih besar dari target.

Target & Realisasi Capaian Kerja Pariwisata 2016-2017
Target & Realisasi Capaian Kerja Pariwisata 2016-2017
Daya saing pariwisata Indonesia dilihat dari Travel and Tourism Competitivenes Index (TTCI) mengalam kenaikan peringkat yang sangat signifikan. Berdasarkan laporan World Economic Forum (WEF), TTCI Indonesia naik dari peringkat 70 tahun 2013 ke peringkat 50 tahun 2015, dan melesat ke rangking 42 pada tahun 2017. 

Pada tahun 2019, Indonesia menargetkan akan menempati peringkat 30 dunia. Saat ini di tingkat ASEAN, Indonesia menempati peringkat 4 setelah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Unsur-unsur penilaian daya saing pariwisata tersebut antara lain tentang lingkungan bisnis, keamanan, kebersihan dan kesehatan, SDM, kesiapan ICT (Information and Communication Technology), daya saing harga, infrastruktur bandara, infrastruktur pelayanan, sumber daya alam, dan sumber daya budaya

Salah satu ikon pemasaran pariwisata Indonesia di dunia internasional adalah Wonderful Indonesia. Branding Wonderful Indonesia sampai dengan Oktober 2017 telah mendapat 21 penghargaan di 10 negara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun