Mohon tunggu...
Handy Chandra van AB (JBM)
Handy Chandra van AB (JBM) Mohon Tunggu... Konsultan - Marketing, Maritime and Leadership

Berbagi tulisan perihal Kemaritiman, Kepemimpinan, Investasi dan Seni

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bahkan Messi pun Takluk pada Prinsip Keuangan

9 Agustus 2021   12:32 Diperbarui: 9 Agustus 2021   14:47 101 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahkan Messi pun Takluk pada Prinsip Keuangan
Joan Laporta, FC Barcelona. Sumber: Kontan Sabtu, 07 Agustus 2021.

Kemarin dulu, 07 Agustus 2021, kabar berhentinya Lionel Messi, Pesepakbola tersohor dari Argentina dan dari Klub FC Barcelona terbaca di koran Kontan. Perusahaan (dalam hal ini klub sepakbola Barcelona atau FC Barcelona) melalui Presiden klub menyatakan tidak akan memperpanjang kontrak Lionel Messi, karena faktor keuangan klub yang tidak sehat.

Keuangan klub ini mengalami masalah karena pemasukan atau pendapatan uang dari aktifitas klub lebih kecil dari pengeluaran uang.

Sederhana. Tapi "tidak semudah itu Ferguso".

Kehancuran keuangan saat 2021, bukanlah hasil ujug-ujug dampak dari kebijakan manajemen ditahun 2021 atau di 2020. Kehancuran keuangan perusahaan/klub adalah dampak kebijakan yang salah dari periode-periode sebelumnya. Umumnya antara 1-4 tahun sebelumnya, dan dampaknya baru terasa kemudian.

Pada kepengurusan presiden klub sebelumnya, Josep Maria Bartomeu, kebijakan transfer permain dan gaji sudah melanggar batasan level gaji pemain sesaui aturan FIFA. Kebanyakan pemain-pemain baru diperoleh degan harga mahal dan gaji terlalu tinggi.

Sedangkan pada sisi penjualan pemain, Barcelona mengalami kerugian-kerugian besar karena membeli mahal, menjual murah. Selain itu, prestasi klub tidak pernah juara Liga Champions Eropa lagi (terakhir 2015), sehingga penjualan "merchandise" (asesoris klub) tidak bisa membantu menutupi biaya operasional.

Ketika Joan Laporta kembali ke posisi Presiden di 2021, dia mewarisi kondisi keuangan dan moral klub yang begitu rendah. Bahkan dengan gaji Messi dikurangi separuh saja, klub masih mengalami kerugian.

Akhirnya, karena kondisi keuangan yang sudah parah maka keputusan tidak memperpanjang kontrak Messi diambil.

Itu yang nampak di depan dan di permukaan, namun ada kisah di belakang layar (di bawah realita).

Underground Story

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan