Mohon tunggu...
John Berek
John Berek Mohon Tunggu... Menulis adalah pekerjaan untuk keabadian (Pramoedya Ananta Toer); Menulis memang bukan bakat tapi suatu ketrampilan yang membutuhkan banyak belajar dan latihan

Apa yang terucap bisa lenyap, tetapi apa yang ditulis akan abadi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berbeda Itu Indah Toleransi Itu Penting

13 Mei 2021   20:31 Diperbarui: 13 Mei 2021   20:41 104 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbeda Itu Indah Toleransi Itu Penting
Foto : Tangkapan status whatsapp (pengharapan_kekal)

Tanggal 13 Mei 2021 merupakan hari yang luar biasa nan indah, karena pada tanggal ini umat Kristen dan umat Islam se dunia merayakan dua hari raya secara bersamaan yakni hari raya Kenaikan Isa Almasih dan hari raya Lebaran secara bersamaan. Hari raya Kenaikan Isa Almasih merupakan peristiwa naiknya Tuhan Yesus ke Surga setelah 40 hari bangkit dari antara orang mati, disisi lain hari lebaran merupakan hari kemenangan bagi umat muslim setelah menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Peringatan hari keagamaan semacam ini terbilang istimewa dan langka terjadi. Menurut CNN Indonesia (13/5/2021) bahwa momen seperti ini terjadi selama 200 tahun sekali. Momen ini pernah terjadi sebelumnya pada tahun 1727 silam dan akan terulang pada tahun 2248 mendatang. Momen ini akan mempererat sikap toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Pada hari ini umat Kristen dan umat Muslim pergi menghadap Tuhan mereka masing-masing. Umat Kristen dan umat Muslim berdoa dan bersyukur serta merayakan hari kemenangan masing-masing dengan penuh rasa sukacita dan aman. Hal ini menunjukkan adanya sikap toleransi yang tinggi antar umat beragama. Ucapan selamat hari raya Idul Fitri dan selamat hari raya Kenaikan Isa Almasih dari keluarga, kenalan, sahabat yang berbeda keyakinan menghiasi setiap status dan dinding media sosial.

Momen lain yang tidak kalah pentingnya dan bukan sebuah kebetulan adalah bulan Mei merupakan bulan Ramadhan bagi Umat Muslim untuk menjalankan puasa, selain itu bulan Mei juga merupakan bulan Maria bagi Umat Katolik untuk mendaraskan doa Rosario untuk mempersembahkan penghormatan iman dan kasih kepada Sang Ratu Surgawi yaitu Bunda Maria. Pada momen ini umat muslim setiap malam melakukan sholat tarawih, dan umat katolik memanjatkan doa Rosario.

Berbeda itu indah dan toleransi itu penting, janganlah saling membenci dengan sesamamu namun saling menghormati dan saling menjaga keharmonisan itu yang baik, karena sesungguhnya saudara seatap dengannya hanya saja berbeda kamar.

Berbeda itu indah dan toleransi itu penting seperti untaian kalimat Pesan Ziarah (Zivilia) yang ditulis di Mataloko 13/05/2021 sebagai berikut :

Antara lonceng yang berdentang dan adzan yang berkumandang.

Antara salib yang membuatku tenang dan kiblat yang tentukan arahhmu pulang.

Antara kalungan rosario dan hitungan tasbih.

Tuhan memang satu, aku dan kamu yang menyebutnya dengan cara yang berbeda, tapi aku percaya, genggaman tanganmu dan dan sujudku akan bertemu di amin yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN