Mohon tunggu...
Johara Masruroh
Johara Masruroh Mohon Tunggu... Guru - Hobi menulis sejak menjadi seorang ibu

Ibu dua anak

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tips Sukses bagi Para Introvert

5 Agustus 2021   19:33 Diperbarui: 5 Agustus 2021   20:35 110 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips Sukses bagi Para Introvert
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Susan Chain, penulis buku Quiet: The Power of Introverts in a world Thant Can't Stop Talking, mendefinisikan introvert sebagai sikap seseorang yang mengumpulkan energinya dari dalam diri sendiri. Itulah mengapa, seorang introvert merasa nyaman dengan keheningan. Sementara ekstrovert adalah sikap seseorang yang mengumpulkan energi dari luar dirinya, sehingga ia lebih senang berkumpul bersama orang banyak. Jika Anda seorang introvert, Anda tak perlu berkecil hati. Inilah beberapa tips sukses untuk Anda.

1. Perbanyaklah membaca kisah sukses para introvert

Di dunia ini banyak introvert yang berhasil bahkan namanya begitu dikenal. Sebut saja Albert Enstein, Bill Gates, J.K. Rowling, Mark Zuckerberg, dan Sir Isaac Newton. Di Indonesia sendiri kita juga bisa menemukan beberapa nama seperti Maudy Ayunda, Isyana Sarasvati, Reza Rahadian, dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui orang-orang sukses yang berkepribadian introvert, kita bisa belajar dari mereka bahwa kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja, entah itu introvert maupun ekstrovert. Membaca kisah hidup mereka juga akan memotivasi Anda untuk mengembangkan bakat yang mungkin masih terpendam dalam diri Anda.

2. Tak perlu memaksakan diri di saat sudah lelah

Energi seorang introvert memang cepat habis ketika berada di tengah banyak orang karena mendapat terlalu banyak rangsangan. Ketika sudah lelah, biasanya otak seorang introvert juga tidak dapat berpikir jernih. Daripada Anda merasa tak nyaman dan berujung stress, lebih baik cepat-cepatlah Anda beristirahat untuk merecharge energi.

Namun, jika kelelahan melanda di saat menghadiri perkumpulan atau pertemuan penting, Anda bisa minta izin pergi ke toilet atau keluar sebentar menghirup udara segar. Setelah Anda merasa lebih baik, kembalilah bergabung bersama teman-teman Anda.

3. Berhentilah merasa ada yang aneh dalam diri Anda

Biasanya seorang introvert merasa aneh dengan dirinya sendiri. Ia menyadari bahwa ia tidak mudah bergaul, sering lelah di tengah banyak orang, atau merasa sangat nyaman walau sendirian, dan hal itu dianggapnya sebagai kekurangan. Seorang introvert juga sering bertanya pada diri sendiri,"Kenapa aku tidak seperti orang-orang kebanyakan?"

Hal tersebut wajar saja sih. Namun, Anda harus  tetap ingat bahwa introvert dan ekstrovert adalah jenis kepribadian. Masing-masing kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, tak perlu kecil hati mengetahui bahwa Anda seorang introvert.

4. Tabahkan hati jika orang sering salah memahami Anda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan