Mohon tunggu...
Johansen Silalahi
Johansen Silalahi Mohon Tunggu... Peneliti Muda

Saya adalah seorang masyarakat biasa yang menyukai problem-problem sosial, politik, lingkungan, kehutanan. Semoga bisa berbuat kebajikan kepada siapapun. Horas

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Cara Aman Wisata pada Musim Dingin/Salju di Korea Selatan

30 Maret 2020   14:58 Diperbarui: 30 Maret 2020   15:00 15 2 0 Mohon Tunggu...

Tulisan ini berdasarkan pengalaman yang disajikan secara ringkas buat teman-teman yang ingin berwisata pada musim dingin/salju dengan contoh kasus adalah Korea Selatan.

Siapa yang tidak mengenal Korea Selatan? Negara ini terkenal dengan drama, taekwondo, kimchi (kuliner), telepon genggam, industri kendaraan, baja, K-Pop, kosmetik dan lain-lain. Pecinta produk Negara Korea Selatan tentunya sudah menjamur di negara kita terlebih dengan drama Korea dan K-Pop yang sangat populer terlebih di kalangan kawula muda.

Dewasa ini, Korea Selatan juga menjadi daya tarik bagi Warga Negara Indonesia untuk studi lanjut baik program S2, S3, bekerja, bisnis, berwisata, dan lain-lain akibat kemajuannya pada hampir semua sektor.

Beberapa tiket promo juga sering kita jumpai dengan harga yang sangat murah yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan domestik maupun luar negeri disertai dengan paket-paket wisata yang menarik Warga Negara Indonesia. Korea Selatan mempunyai empat musim, terdiri dari musim dingin/salju, musim semi, musim gugur dan musim panas.

Di balik keindahan Korea Selatan terlebih di musim dingin/salju pada Bulan Nopember sampai dengan Maret, beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum mengunjungi Korea Selatan.

Tips ini diperoleh berdasarkan pengalaman penulis yang sedang menempuh program S2 di Korea Selatan sampai dengan saat ini. Beberapa tips yang dipersiapkan sebelum ke Korea Selatan adalah: 1).

Mempersiapkan perlengkapan musim dingin, seperti: jaket yang tebal (setebal-tebalnya), sweater , baju dalam, topi (kupluk), penutup telinga, masker, sepatu yang tebal, sarung tangan, kaos kaki tebal, penghangat tangan, penghangat portable , lip balm , long john (seperti baju thermal dipakai setelah baju dalam), hand body , kaca mata, syal, karena jika mencapai suhu terdingin dapat mencapai minus 17 terkhusus pada bulan Januari, Pebruari, 2). Perlengkapan pribadi lainnya, seperti: obat-obatan, baju yang cukup yang bersifat hangat, balsem, selimut.

Hal-hal diatas adalah perlengkapan wajib yang perlu dibawa untuk menghadapi musim salju atau dingin di Korea Selatan. Ini sangat diperlukan karena jika tidak dipersiapkan dengan baik akan berakibat fatal kepada kesehatan kita.

Di sisi lain, minum air yang secukupnya juga disarankan disertai dengan memakan banyak buah-buahan untuk nutrisi pelengkap tubuh kita dan tentunya makan yang teratur dan bergizi.

Musim dingin yang disertai dengan angin yang kencang adalah yang sangat mengerikan (ekstrem) di Korea Selatan terlebih di bagian selatan seperti Daegu dan Gyeongsan tempat penulis sedang sekolah karena dinginnya sampai ke tulang tubuh kita jika tidak dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

Jika tips ini dilaksanakan, niscaya perjalanan anda bakal mengasyikkan dan dapat menikmati suasana dingin terlebih salju di Korea Selatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN