Mohon tunggu...
Yohanes Pambudi
Yohanes Pambudi Mohon Tunggu... #JanganLupaBahagia

Apabila ada hal yang kurang berkenan saya mohon maaf, saya hanya orang biasa yg bisa salah. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesejahteraan. Aamiin.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Membedakan Diskon e-Commerce Asli dan Palsu

11 Januari 2021   22:55 Diperbarui: 11 Januari 2021   22:56 124 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membedakan Diskon e-Commerce Asli dan Palsu
Ilustrasi Diskon 90% - Kompas.com

Ramai pemberitaan tentang Grab Toko yang diduga telah terjadi penipuan menarik perhatian saya. Pertama karena perusahaan ini punya nama yang mirip dengan salah satu startUp ride sharing dengan logo warna hijau. Kemiripan itu nampaknya memang jadi berkah tersendiri untuk Grab Toko menjadi cepat terkenal dan viral karena diskon harga barang yang diberikan.

Bayangkan saja diskonnya sampai 90%, dan dari cerita-cerita yang saya baca nampaknya tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya. Apalagi barang yg dijual merupakan produk terkenal yang jadi idaman banyak orang seperti iPhone 11. Namun jika dilihat mudahnya cara mendapatkannya, bukankah itu mencurigakan?

Saya pribadi punya pengalaman berkali-kali mendapatkan barang murah dari e-commerce. Sebut saja seperti Tokopedia & Shopee. Sejak tahun 2018 memang diskon dan cashback yang diberikan 2 e-commerce tersebut memang luar biasa. Namun yang jadi perbedaan adalah tingkat kesulitannya untuk mendapatkannya.

Salah satunya untuk dapat harga barang super murah adalah flash sale, dan bersaing dengan orang di seluruh Indonesia. Hampir tidak pernah saya dapat handphone, paling banter dapat smartwatch dan speaker portable. Itupun koneksi internet harus bagus, saya juga harus fokus tidak boleh salah langkah sedetikpun, dan pilih motede pembayaran tercepat yaitu menggunakan virtual account bank. Hitungan detik promo sudah lenyap karena habis diambil pengguna.

Pengalaman Diskon 90%

Pernah saya dapat barang diskon 90% bahkan lebih, yang pertama adalah diskon karena dapat undian di Tokopedia. Sebuah koper biru besar di diskon 99% dan saya cukup bayar ongkirnya saja dari Jakarta. Selain itu yang terakhir saya pernah dapat diskon 90% untuk produk lokal tertentu dalam acara Bangga Buatan Indonesia untuk mendukung UMKM. Itupun tetap rebutan karena dalam waktu 3 menit saja promo sudah habis.

Artinya memang diskon 90% dari E-commerce bukanlah kemustahilan. Hanya saja memang tidak mudah untuk mendapatkannya. E-commerce nya juga bukan pemain baru, sudah bertahun-tahun buka layanan di Indonesia. Punya kantor sendiri bukan di co working space.

Tips Membedakan Diskon Yang Asli dan Yang Palsu

Yang pertama jangan mudah tergoda melihat promo atau iklan diskon barang gedhe-gedhe an. Apalagi kalau yg didiskon adalah barang elektronik yg mahal seperti iPhone, Macbook, Apple Watch dll. Periksa dulu siapa pemilik e-commerce tersebut dan berapa lama dia telah beroperasi? Apakah sebelumnya pernah ada kasus atau tidak?

Yang kedua cara mendapatkan diskon yg fantastis seharusnya sulit, karena di Indonesia ini hal-hal seperti itu cepat sekali menyebar dan jadi rebutan ribuan bahkan jutaan orang. Kalau diskonnya besar dan terasa sangat mudah mendapatkkannya, anda patut curiga. Mudah disini artinya hitungan lebih dari 2 menit anda masih bisa checkout, ya sebaiknya anda curiga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x