Mohon tunggu...
Yohanes Pambudi
Yohanes Pambudi Mohon Tunggu... Bankir Yang Suka Membaca dan Menulis

Officer Trade Sales Bank

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Sambut Era Baru Siaran TV Resolusi 8K

5 November 2018   13:47 Diperbarui: 5 November 2018   13:58 0 1 1 Mohon Tunggu...
Sambut Era Baru Siaran TV Resolusi 8K
Ilustrasi Resolusi Layar - PCMag.com

Apakah anda suka menonton TV di rumah dengan resolusi besar? Jika iya maka anda patut menyimak artikel saya yang satu ini.

Nasa sebagai badan antariksa Amerika Serikat telah melakukan uji coba perekaman video dengan resolusi 8k (ultra high definition). Video tersebut lalu diunggah ke Youtube dengan durasi 3 menit 9 detik. Terlihat dalam video itu terlihat dengan gambar yang sangat detail kegiatan para astronot di luar angkasa. Selain itu juga terlihat video langit dan permukaan bumi dari luar angkasa.

Kalau saya lihat dari rekaman itu, sepertinya bumi berbentuk bulat dan bukan datar. Nah mungkinkah ini bukti bahwa bumi itu benar-benar bulat dan bukan datar seperti yang viral di sosial media?


Ternyata  tidak hanya Nasa yang menjajal asiknya video 8K. Perusahaan TV kabel asal Turki bernama Trksat juga telah mencoba menyiarkan tayangan berresolusi 8k. Satelit yang membantu uji coba tersebut bernama Trksat 4B.

Trksat memamerkan hasil tayangan 8K dalam pameran yang diadakan di Istambul Turkey. Dalam acara Global Sattelite Show yang ke empat dari tanggal 1 -- 3 November 2018. Pada booth milik Trksat dipamerkan video beresolusi 8K tentang sejarah dan pemandangan kota Istambul.

Resolusi 8K sendiri adalah kualitas gambar 7680x4320 pixel yang 4 kali lebih besar dari resolusi 4K dan enam belas kali lebih besar dari resolusi Full HD.

Persiapan Siaran TV 8K di Jepang

Sebagai tuan rumah Olimpiade Internasional tahun 2020, Jepang mempersiapkan satelit khusus yang mampu menayangkan gambar kualitas 8K. Adalah NHK channel yang bersiap-siap meluncurkan satelit BS8K dan BS4K pada bulan Desember 2018 mendatang. Arah peluncuran satelit ini tentu untuk meningkatkan kualitas layanan siaran TV channel NHK sekaligus tayangan acara olimpiade 2020.

Menurut saya proyek 8k ini adalah proyek yang sangat ambisius, bahkan sebagian besar saluran TV belum sampai resolusi 4K. Perangkat televisi yang dimiliki masyarakat juga masih sedikit yang mendukung 4K apalagi 8K. Kebanyakan yang dimiliki sekarang adalah TV Full HD.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x