Mohon tunggu...
Y. P.
Y. P. Mohon Tunggu... Sales - #JanganLupaBahagia

Apabila ada hal yang kurang berkenan saya mohon maaf, saya hanya orang biasa yg bisa salah. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesejahteraan. Aamiin.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Diduga Curangi "Flash Sale", Puluhan Karyawan Tokopedia Dipecat

27 Agustus 2018   21:39 Diperbarui: 27 Agustus 2018   21:44 2732
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ulang Tahun Tokopedia | Tribunnews.com

Terkejut saya melihat sosial media diramaikan dengan unggahan kabar pemecatan karyawan Tokopedia. Saya masih ragu-ragu terkait hal tersebut, apakah betul terjadi atau hanya kabar kabur. Namun keyakinan terkait hal tersebut akhirnya muncul setelah saya membuka laman kompas.com.

Dari kabar yang beredar ada lebih dari 40 pegawai yang dipecat. Mereka mendapat sanksi tegas karena diduga melakukan kecurangan pada saat event flash sale dalam rangka peringatan ulang tahun Tokopedia yang ke-9.

Kecurangan tersebut sangat merugikan dan menyebalkan, karena membuat pembeli awam (non karyawan) tidak dapat bertransaksi dengan cara yang adil. (Sumber)

Flash Sale yang diadakan Tokopedia memang sangat menarik. Tokopedia menawarkan barang dengan harga miring seperti barang elektronik, kosmetik, peralatan dapur dan lain lain.

Diskon yang diberikan membuat harga barang-barang tersebut turun menjadi sekitar 30% dari harga normal.

Misalnya speaker elektronik normal harga Rp 300.000 dijual hanya Rp 99.999 saja sebelum ongkos kirim. Flash Sale berlangsung pada pukul 09.00 pagi dan pukul 21.00 malam dari 15-17 Agustus kemarin.

Saya termasuk orang yang ikut dan cukup beruntung mendapatkan 2 item barang yang saya incar. Kedua barang tersebut saya dapatkan di harga Rp 99.999.

Walaupun di hari pertama saya gagal mendapatkan Action Camera yang dijual Rp 999.999. Setelah ngobrol dengan penjual barang, dia mengaku bahwa barang yang berhasil saya dapatkan dijual sebanyak 100 buah dalam flash sale tersebut.

Jika pelaku yang melakukan fraud ada sekitar 40 an orang, wajar saja kalau saya masih berkesempatan untuk mendapatkan kedua barang tersebut.

Hasil Flash Sale Tokopedia | Dokumentasi Pribadi
Hasil Flash Sale Tokopedia | Dokumentasi Pribadi
Belakangan saya baru ingat, ternyata saya selalu gagal mendapatkan barang dengan harga Rp 999.999. Saya juga gagal dapat speaker yang harganya Rp 999.999.

Namun pada saat itu saya sama sekali tidak curiga adanya kecurangan dari sisi internal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun