Mohon tunggu...
Yo Sugianto
Yo Sugianto Mohon Tunggu... Menulis

Suka sepakbola, puisi dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Piala Menpora 2021, Sebuah Pintu yang Mepet dan Penuh Dilema

26 Februari 2021   15:22 Diperbarui: 28 Februari 2021   07:32 267 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Piala Menpora 2021, Sebuah Pintu yang Mepet dan Penuh Dilema
Menpora serahkan surat izin kompetisi kepada PSSI (Dok. PSSI.org)

Turnamen Piala Menpora 2021, ajang pra musim sebelum dimulainya Liga 1 2021, akan digelar pada 20 Maret 2021 dan berakhir 25 April 2021. Semua tim peserta Liga 1, 18 klub, akan ikut turnamen itu.

Piala Menpora lama tak terselenggara, terakhir 2013 lalu yang dengan Arema Indonesia sebagai juara setelah di final berhasil mengalahkan klub asal Australia, Central Coast Mariners 2-1 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Turnamen pramusim pada hakekatnya merupakan ajang persiapan bagi klub untuk menuju ke kompetisi yang sebenarnya. Klub mematangkan dan menganalisis kerja sama tim, melihat kemampuan pemain yang baru bergabung sambil mematangkan persiapan lain seperti kerja sama dengan sponsor dan mitra (partner).

Kejuaraan kali ini terbilang istimewa. Ini merupakan laga resmi pertama sejak sepak bola Indonesia mati suri akibat pandemi. Sebelas bulan sudah kompetisi terhenti. Klub morat-marit mengatur keuangannya. Para pemain hanya mendapat seperempat gaji, sesuai keputusan PSSI. 

Belum lagi lagi tak adanya pemasukan dari sponsor, tiket penonton dan merosotnya penjualan jersey membuat klub tak sekadar berdarah-darah tapi sudah masuk ruang ICU.

Izin kompetisi pun tak kunjung tiba, hingga berembus angin segar dengan didapatkannya izin mengadakan turnaman pramusim dari kepolisian pada 18 Februari 2021 lalu. Berbagai komentar pun bermunculan, termasuk protes dari klub yang menganggap rentang waktu sebulan itu sangat mepet.

Bagaimanapun turunnya izin dari kepolisian untuk menggelar turnamen bisa membuat klub-klub menarik lepas lega, karena jika berlangsung aman bisa menjadi pintu bagi izin kompetisi Liga 1. Tentu diikuti juga dengan izin untuk gelaran kompetisi Liga 2, 3, Elite Pro Academy, dan Sepak Bola Putri.

Aman diartikan benar-benar tidak ada penonton yang menyusup atau menerobos masuk stadion. Tak kalah pentingnya, meski berlangsung dalam protokol kesehatan yang ketat diharapkan tidak memunculkan klaster baru penderita Covid-19.

Arema saat menjadi juara Piala Menpora 2013 (Foto : detiksport)
Arema saat menjadi juara Piala Menpora 2013 (Foto : detiksport)
Dilema

Meski merupakan angin segar, menjadi pintu bagi izin kompetisi, tapi turnamen Piala Menpora ini menjadi dilema bagi klub Liga 1.

Vakum selama hampir setahun membuat klub sempoyongan. Tak ada pertandingan membuat kontrak dengan sponsor harus direvisi, bahkan bisa jadi batal. Pemasukan tak ada dari tiket penonton. Berbagai jurus sudah dikeluarkan untuk membantu klub tetap bertahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN