Mohon tunggu...
Johannes Ficher Sinaga
Johannes Ficher Sinaga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Palangka Raya Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sepak Bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kebijakan Pemerintah Menghadapi Pandemi Covid-19

27 November 2022   08:15 Diperbarui: 27 November 2022   08:17 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi covid-19 yang melanda hampir setiap negara di dunia mengalami dampak buruk dari pandemi Covid-19. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami dampak dari pandemi covid-19.  Akibat pandemi covid-19  menyebabkan banyak sektor perekonomian dan sosial yang sangat merugikan. Karena akibat pandemi covid-19 sangat banyak pengaruh buruk yang terjadi terkusus berkurangnya  tenaga kerja,  dimana jika tenaga kerja berkurang maka perekonomian suatu negara akan semakin berkurang mengapa demekian? Hal ini dikarenakan jika tenaga kerja disuatu negara berkurang maka otomatis ekonomi disuatu negara akan menurun dan yang paling terkena dampak penurunan ekonomi adalah negara yang terkena dampak Covid-19. Memang hampir seluruh negara terkena dampak dari Covid-19, namun di beberapa negara, Covid sangat berpengaruh besar terkhusus negara yang memiliki penduduk yang padat seperti Cina dan Indonesia namun penanganan yang tepat dapat mengurangi kerugian yang besar.

Dampak Covid-19 terhadap kesehatan, dampak dari virus Covid-19 yang melanda dunia yang dimulai pada akhir tahun 2019 lalu, sempat menggemparkan Indonesia bahkan dunia. Bagaimana tidak virus Covid-19 yang melanda dunia menelan banyak korban jiwa, seperti di Indonesia hampir seluruh Rumah Sakit di Indonesia di penuhi oleh pasien yang positif terkena Covid-19.  Virus ini sangat cepat menyebar terkhusus orang yang sudah lanjut usia, karena imun tubuh yang sudah berkurang, dan mudah di serang penyakit. Penyebarannya Covid-19 melalui air liur yang keluar ketika seseorang yang menderita Covid-19 bersin atau pun batuk  Oleh karena itu,  Masyarakat berharap Pemerintah Indonesia  dapat mengambil tindakan cepat agar mampu mengurangi penyebaran covid-19 agar dengan harapan  penyakit Covid-19 tidak menyebar luas.  Masyarakat berharap bahwa pemerintah dapat menghimbau masrakatnya untuk ikut serta peduli dalam pencegahan penyebaran Covid-19 salah satu tindakan yang dapat dilakukan  dengan cara menjaga jarak menggunakan masker dan mengurangi aktivitas ke luar rumah semua  masyarakat diwajibkan menggunakan masker apabila keluar rumah. Bahkan pemerintah Indonesia melakukan lockdown dan melaksanakan kegiatan secara daring. Seperti anak sekolah yang bersekolah secara online menggunakan aplikasi. Keputusan tersebut merupakan tindakan yang sangat bagus guna mengurangi penyebaran Covid-19 terkhusus orang yang sudah tua yang rentan terkena penyakit dengan cepat.

Bukan hanya kesehatan, tapi perekonomian juga mengalami dampak akibat pandemi Covid-19, dalam menghadapi Covid-19, Pemerintah Indonesia melakukan pendekatan yang cepat d untuk mengurangi dampaknya pada perekonomian jika suatu negara mengalami penurunan ekonomi maka aktivitas negara akan terancam.. Jika terjadi perlambatan ekonomi, maka   tenaga kerja akan berkurang, yang akan berakibat meningkatnya pengangguran dan kemiskinan dalam negara.Dampak pandemi Covid-19 ini dapat kita lihat di sekitar kita, seperti supir angkot yang mengalami pendapatan yang sangat menurun karena adanya kebijakan pemerintah seperti pengurangan aktivitas di luar rumah untuk memutus rantai penyebaran Covid, bukan hanya itu, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak (social distancing), yang mengakibatkan sedikitnya penumpang. Selain itu, masih banyak tempat-tempat yang mengalami kerugian akibat pandemi Covid-19, seperti tempat-tempat wisata dan warung makan atau bahkan caffe tempat orang bersantai ketika ada waktu luang. Ada juga tenaga kerja yang di PHK karena perusahaan yang mengalami kerugian yang mengakibatkan ketidak mampuan untuk membayar gaji karyawannya. Inilah yang menyebabkan perekonomian negara yang mengalami penurunan. Yang mengakibatkan pengangguran yang bertambah pesat, dan mengakibatkan kemiskinan yang bertambah terus menerus karena tidak adanya pekerjaan. Karena banyaknya aktvitas yang di anjurkan untuk dilakuan dari rumah sehingga yang biasanya bekerja sebagai kuli, pelayan restoran, hotel dan tempat makan harus berhenti bekerja untuk jangka yang Panjang otomatis, penghasilan dari para buruh akan menurun bahkan tidak memiliki penghasilan.

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 Pemerintah  melakuan vaksin kepada seluruh rakyat  Indonesia untuk memperkuat ketahanan tubuh seseorang terkhusus orang yang usianya lanjut dan setiap perjalanan yang keluar dari suatu kota maupun provinsi khususnya yang menggunakan pesawat di cek sudah melakukan  vaksin atau belum. Bukan hanya vaksin namun dilakukan juga pengukuran suhu tubuh dan wajib rapid test untuk mengetahui sudah atau belum terkena virus Covid-19.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun