Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Penulis

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Sukseskan Sensus Penduduk Online 2020

19 Februari 2020   08:24 Diperbarui: 19 Februari 2020   08:52 82 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sukseskan Sensus Penduduk Online 2020
logo bps (sumber: BPS Indonesia)

Sensus penduduk bertujuan untuk mencatat kondisi penduduk mutakhir yang akan digunakaan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pemerintah. Data penduduk ini saya anggap urgen alias penting. Selain kita dapat mengetahui jumlah penduduk, jenis kelamin, umur, pekerjaan kitapun dapat mengetahui pendapatan dan pengeluaran rata-rata keluarga serta hal hal yang berkaitan dengan kependdudukan.

Data penduduk akan memberikan gambaran tentang sumber daya manusia dimana pembangunan negeri ini sangat ditentukan oleh potensi sumber daya manusia ini. 

Jadi lewat program sensus penduduk kebutuhan data akan diperoleh melalui pencatatan. Bila di tahun-tahun sebelumnya kegiatan sensus dilaksanakan oleh petugas sensus yang di tugaskan door to door ke rumah-rumah penduduk, mulai tahun 2020 Badan Pusat Statistik Indonesia mencetus program sensus penduduk online.

Sebagaimana diinformasikan BPS program sensus online akan berlangsung sejak 15 Pebruari hingga 31 Maret 2020. Namun bagi warga yang terkendala mencatatkan diri secara online diberi kesempatan pencatatan konvensional pada bulan Juli 2020.

Warga yang akan mengisi data secara online, dianjurkan untuk menyiapkan kartu keluarga, KTP, buku nikah, dokumen cerai, surat keterangan kematian termasuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan. Waktu pengisian per orang rata-rata 5 menit.

Kita tidak perlu khawatir dalam mengisi data pribadi ini karena dijamin kerahasiaannya berdasarkan UU No 16 thun 1997 tentang Statistik.

Sebagai warga masyarakat diharapkan adanya kesediaan berpartisipasi aktif untuk rela meluangkan waktu mengisi data yang disediakan dalam formulir isian. Partisipasi anda akan membantu pemerintah mendapatkan data kependudukan yang akurat dan mutakhir sehingga pengambilan kebijakan terkait kependudukan dan perencanaan pembangunan akan lebih baik.

Nah, mungkin bagi masyarakat pedesaan dan perkotaan di Sulawesi Utara kegiatan program sensus penduduk online akan lebih lancar pelaksanaannya. Pasalnya, program Kuliah Kerja Nyata Terpadu Unsrat dalam dilaksanakan Pusat Pengelolaan dan Pengembangan KKT (P3KKT) Universitas Sam Ratulangi yang di ketuai Dr Ir Rignolda Djamaluddin, MSc memiliki program tematik yaitu pengadaan Website desa/kelurahan, Sistim Informasi Manajemen Desa/Kelurahan (SIMDES/SIMKEL) dimana para mahasiswa yang di tempatkan di desa kelurahan mengadakan pelatihan kepada sekretaris desa dan tenaga operator. Hampir semua kabupaten/kota di Sulawesi Utara sudah di sentuh dengan program tematik ini.

Mahasiswa KKNT ini telah mengadakan sensus di tiap lingkungan/jaga di desa/kelurahan termasuk data penduduknya. Sekdes dan operator telah di latih mengoperasionalkan pengisian dan perubahan data melalui website yang ada disana. 

Dengan ini program sensus penduduk online khususnya di Sulawesi Utara dapat dilakukan terpadu lewat kerjasama BPS dengan Kementerian Desa serta Perguruan Tinggi (Unsrat) dalam upaya mensukseskan program sensus ini.

Mari kita sukseskan program Sensus Penduduk Online 2020. Partisipasi aktif kita menunjukkan sikap insan yang cinta tanah air, insan pembangunan karena pembangunan negeri ini berarti membangun sumber daya manusia dimana kita termasuk di dalamnya.

Manado 19022020.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x