Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Penulis

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

TIKUS

29 Januari 2020   09:58 Diperbarui: 29 Januari 2020   10:10 102 20 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
TIKUS
ilustrasi tikus(sumber:voxntt.com)

Masih dalam suasana tahun baru Imlek saya ingin membahas soal Tikus. Pasalnya, sesuai kalender Tionghoa tahun 2020 mengusung shio tikus. Bagi kompasianer yang lahir  tahun 1948, 1960, 1972, 1984 dan 1996 di prediksi akan ketiban banyak hoki namun mewaspadai "teman" yang akan menjerumuskan. Aura dan hoki anda akan bersinar terang dan akan mengalami beberapa perubahan positif dalam kehidupan.

Kita semua telah mengenal karakter atau sifat hewan bernama tikus. Perilaku dan tabiat tikus ini bila populasinya meningkat sering menjadi musuh petani padi di sawah. Tikus ini jadi hama dan bencana bagi hasil produksi padi para petani. Berbagai cara di tempuh petani untuk membasmi dan memusnahkan hewan pengerat ini.

Sering juga hewan tikus ini dibenci ibu-ibu rumah tangga. Tikus ini sering melahap makanan di dapur karena kelaparan. Kadang tikus ini di buru bahkan di tangkap dengan perangkap, lem tikus bahkan di musnahkan dengan bahan "racun tikus".

Disisi lain, tikus ini menjadi sumber inspirasi bagi para pekerja seni. Penulis puisi, pembuat film animasi dan para penulis idealis menjadikan hewan tikus sebagai tokoh pemeran utama.

Adalah menarik sebuah puisi karya Mikhael Wora dengan judul "Untuk Tikus Berdasi Di Balik Laci". Bait pertama puisinya, begini:

Selamat sore hai tikus-tikus busuk
Aku tau kalian suka melahap kertas, bukan?
Maka baiklah kuhidangkan untuk kalian, tamuku
Sepotong keju diatas kertas yang kusebut: sajak keju....

selengkapnya disini.

Puisi ini melukiskan kegeramannya terhadap tikus-tikus berdasi atau para koruptor. Jadi tikus pun jadi bahan inspirasi sosok penulis puisi bernama Mikhael Wora.

Tak kalah menariknya tikus ini menjadi tokoh film kartun animasi yang populer. Mungkin saja kompasianer pernah menontonnya. "Fievel Mousekewitz" (An American Tale) menampilkan tokoh tikus sebagai hewan petualang yang sering membahayakan dirinya sendiri melalui tindakannya yang sangat ceroboh. Salah satu karakter yang sulit dilupakan yaitu suara tikus yang imut saat menyanyikan lagu-lagu yang ada di film animasi itu.

Ada juga Mighty Mause (The Mouse Of Tomorrow) yang memperlihatkan karakter tikus super hero yang di buat sebagai parodi superman. Tokoh tikus ini memiliki kekuatan super antara lain: terbang, penglihatan sinar X, fisik yang sangat kuat serta kekuatan memutar balikkan waktu.

Film Micky Mouse yang menarik karena simbol keceriaan. Tokoh tikus bernama Remy dalam Ratatouille yang berkeinginan menjadi juru masak terkenal dan berhasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x