Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kandungan Gizi Telur

4 September 2021   23:13 Diperbarui: 4 September 2021   23:37 83 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kandungan Gizi Telur
Telur. Sumber: Eating Well, Special Edition, June 2021, hlm. 27.

Penuh dengan gizi, dengan beberapa di antara gizi itu sulit didapat dari sumber makanan yang lain, telur merupakan makanan yang sehat dan kaya protein.

Untuk sarapan, makan siang atau makan malam, telur bisa dijadikan makanan yang tidak hanya mudah dan terjangkau tetapi juga baik untuk Anda.

Namun kearifan konvensional menyarankan telur harus dimakan dalam jumlah terbatas. Ada banyak informasi yang saling bertentangan tentang apakah telur baik untuk Anda. Kami memecahkan beberapa butir telur untuk menjelaskan manfaatnya.

Protein Lengkap
Telur lebih dari sekadar sumber protein yang baik, namun dianggap sebagai protein lengkap. Telur mengandung semua dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tetapi tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita. Itulah yang membuat telur menjadi sumber protein yang berkualitas tinggi.

Protein adalah fondasi untuk semua fungsi tubuh: membantu membuat rambut, membangun otot, memperkuat tulang dan menghasilkan enzim dan hormon.

Secara keseluruhan, 1 telur besar memiliki 6 gram protein, dan tunjangan harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 46 hingga 71 gram, tergantung pada usia dan kondisi fisik Anda.

Untuk mengetahui berapa banyak protein yang Anda butuhkan dalam sehari (bersama dengan makrogizi, vitamin, dan mineral lainnya), Anda bisa menggunakan kalkulator daring. Ini menggunakan tinggi badan, berat badan, usia dan tingkat aktivitas Anda untuk memberitahu Anda berapa banyak dari setiap gizi yang Anda butuhkan dalam sehari.

Kolesterol
Reputasi telur sebagai makanan sehat telah dinodai dalam beberapa dekade terakhir karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Untuk memberi Anda beberapa perspektif, telur besar yang sama yang menyediakan semua asam amino esensial itu juga menghasilkan 207 miligram kolesterol (kebanyakannya dari kuning telur).

Jika Anda memperhatikan kolesterol Anda, angka itu mungkin mengejutkan Anda, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan tentang kolesterol dalam telur.

LDL dan HDL
Kolesterol membantu kita mencerna, membuat hormon dan memproduksi vitamin D. Hati Anda membuat kolesterol, tetapi Anda juga mendapatkannya dari daging dan susu (kolesterol makanan). Karena itu, memahami dua jenis, LDL dan HDL, bisa membantu Anda mengetahui cara mendapatkan hasil maksimal dari telur Anda:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan