Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Update Teknologi: Penerbangan Helikopter Pertama di Planet Mars

24 Agustus 2021   04:08 Diperbarui: 24 Agustus 2021   04:08 126 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Helikopter Ingenuity. Sumber: New Scientist, 24 April 2021, hlm. 13.

Helikopter Ingenuity sedang lepas landas di planet Mars.

Artikel ini berisi perkembangan teknologi pesawat helikopter termutakhir dalam sebuah uji coba yang berhasil dilakukan di planet Mars kira-kira 4 bulan yang lalu dan beritanya di muat di majalah New Scientist tanggal 24 April 2021.

MiMi Aung (lahir 1968) adalah seorang enjinir Burma-Amerika dan manajer proyek di Laboratorium Propulsi Jet (Jet Propulsion Laboratory/JPL) NASA. Aung bergabung dengan Laboratorium Propulsi Jet pada 1990, dan telah menjadi seorang enjinir utama dalam pengembangan Ingenuity, Helikopter Mars, yaitu sebuah pesawat terbang pertama di luar angkasa.

Pada 18 Februari 2021, helikopter Ingenuity tiba di Mars dan pada 19 April 2021 melakukan penerbangan pertamanya selama 39 detik. Aung berkata, "itu adalah momen yang luar biasa," dan "Pagi ini mimpi kami menjadi kenyataan."

Ada kemungkinan untuk membuat robot mirip ular yang tidak terikat dan bisa berkeliaran sesuka hati. Helikopter Ingenuity NASA telah terbang di Mars, sehingga menjadikannya kendaraan pertama yang mencoba penerbangan di dunia lain.

"Kami telah berbicara begitu lama tentang momen penerbangan kami di Mars, dan inilah dia," kata Aung di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Kalifornia, berbicara dari kontrol misi setelah penerbangan pada 19 April 2021 itu.

Gambar awal dari NASA yang diambil oleh penjelajah Perseverance menunjukkan helikopter Ingenuity lepas landas pada tes pertama yang singkat (lihat foto judul). Helikopter Ingenuity naik menjadi sekitar 3 meter, berputar ke arah penjelajah dan mendarat setelah sekitar 30 detik.

"Melihatnya sekarang akhirnya terjadi di Mars, dan terjadi persis seperti yang kami bayangkan, sungguh perasaan yang luar biasa," kata Havard Grip, pilot kepala helikopter Ingenuity, saat konferensi pers.

Video yang diambil oleh penjelajah Perseverance menunjukkan helikopter Ingenuity yang lepas landas dan mendarat dengan mulus, yang terlihat hampir persis sama dengan yang dilakukan helikopter itu selama pengujian, kata Grip.

Helikopter Ingenuity melakukan perjalanan ke Mars di bawah penjelajah Perseverance, yang mendarat pada 18 Februari 2021. Helikopter itu kemudian diturunkan ke permukaan planet Mars dan penjelajah Perseverance pergi untuk memberinya ruang untuk mempersiapkan penerbangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan