Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 28 (Panas): Angin Panas di Gurun

1 Agustus 2021   15:43 Diperbarui: 1 Agustus 2021   15:47 90 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 28 (Panas): Angin Panas di Gurun
Angin panas di gurun. Sumber: Iran Wire

Artikel kali ini adalah topik Panas dari Fisika untuk Hiburan, yang saya rangkum dari beberapa 2 uraian contoh dalam buku Physics for Entertainment, Jilid 2.

Panas Tertinggi yang Bisa Ditahankan Orang
Orang bisa menahankan panas jauh lebih baik dari yang biasa dipikirkan. Di garis lintang selatan, orang bisa bertahan pada temperatur tinggi yang hampir tidak bisa ditahankan oleh orang yang tinggal di tempat dengan temperatur sedang.

Di Australia Tengah, temperatur musim panas sering kali naik hingga 46C di tempat teduh, bahkan ada kasus di mana temperatur melonjak hingga 55C di tempat teduh itu.

Di dalam kabin-kabin kapal yang melewati Laut Merah ke Teluk Persia, temperatur bisa meningkat hingga 50C atau lebih, walaupun ada ventilasi yang terus-menerus.

Temperatur alami tertinggi yang pernah diamati di dunia adalah hampir 57C, yaitu di "Lembah Kematian" ("Death Valley") di California, AS.

Catatan:
Ketika membahas tentang tabel periodik, saya pernah menyinggung tentang boraks yang banyak ditemukan di dasar danau kering di Lembah Kematian, ketika air menguap dan meninggalkan endapan mineral, lihat artikel saya: Boron, Unsur Terkeras Setelah Berlian.

Di Asia Tengah, tempat terpanas adalah di Uni Soviet, dimana temperatur bisa mencapai hampir 50C.

Anda mungkin menebak bahwa temperatur-temperatur yang disebutkan di atas adalah di tempat teduh. Mengapa demikian? Intinya adalah bahwa hanya di tempat teduh termometer akan mencatat temperatur udara yang tepat.

Tempat yang terkena sinar matahari mungkin akan memanas hingga tempersturnya jauh lebih tinggi daripada temperatur di sekitarnya.

Singkatnya, tidak ada gunanya mengacu pada pembacaan termometer yang terpapar matahari atau gelombang panas.

Eksperimen telah dilakukan untuk menentukan temperatur tertinggi yang bisa ditahankan tubuh manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN