Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Osmium, Logam Terberat Setara Iridium

19 Juli 2021   19:59 Diperbarui: 19 Juli 2021   20:03 313 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Osmium, Logam Terberat Setara Iridium
Sumber dan Penggunaan Osmium. Diadaptasi dari: buku Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 91.

Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.

Dalam tabel periodik, Osmium (Os) termasuk dalam golongan 8 setelah besi atau Ferrum (Fe), Rutenium (Ru), dan sebelum Hassium (Hs). Besi dan Rutenium masing-masing sudah saya bahas dalam artikel: Besi, Unsur Paling Melimpah di Bumi dan: Rutenium untuk Deteksi Sidik Jari. Osmium memiliki nomor atom 76.

Dalam bentuknya yang murni, Osmium memiliki densitas terukur tertinggi dari semua unsur, meskipun perhitungan densitasnya harus diletakkan di urutan ke-2, sangat sedikit di bawah Iridium. Sebuah balok Osmium (atau Iridium) 2 kali lebih berat dari balok timah dengan volume yang sama. 250 ml Osmium (dalam bentuk cair) memiliki berat 5,5 kg. Osmium juga merupakan unsur paling langka dari semua unsur stabil, hanya 1 bagian per miliar massa kerak bumi. Unsur langka ini ditemukan dalam bijih Osmiridium, lihat artikel saya: Iridium pada Observatorium Sinar-X.

Osmium murni bereaksi dengan oksigen di udara untuk membentuk oksida beracun, sehingga logam ini digunakan secara aman dengan menggabungkannya dengan unsur atau paduan lain.

Osmium oksida merah menodai sel sehingga bisa dilihat dengan jelas di bawah mikroskop yang kuat, sedangkan bubuk Osmium oksida hitam memungkinkan sidik jari terungkap dalam investigasi kejahatan.

Paduan Osmium yang keras digunakan dalam pulpen.

Osmium ditemukan dalam paduan Iridium dan Osmium yang terjadi secara alami - disebut Osmiridium atau Iridiosmium, tergantung pada elemen mana yang mendominasi, serta dalam mineral Platinum.

Secara komersial, logam Osmium diproduksi sebagai produk sampingan dari ekstraksi Nikel tetapi hanya kurang dari 1 ton yang diproduksi secara global setiap tahun.

Bersama-sama dengan Rutenium yang erat hubungannya, Osmium adalah anggota golongan logam Platinum. Keduanya memiliki sifat kimia dan fisika dan penggunaan yang sangat mirip. Kedua logam tersebut praktis tidak bisa dikerjakan oleh pengrajin.

Penggunaan utama untuk Osmium adalah dalam paduan. Paduan Osmium biasanya digunakan di ujung pulpen, sumbu untuk instrumen ilmiah dan dalam selubung beberapa cangkang penusuk lapis baja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x