Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Teknesium, Unsur Buatan Pertama untuk Pencitraan Medis

19 Juli 2021   10:55 Diperbarui: 19 Juli 2021   11:01 123 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teknesium, Unsur Buatan Pertama untuk Pencitraan Medis
Pembangkit Teknesium. Diadaptasi dari: buku Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 79.

Kotak-kotak ini berisi Molibdenum radioaktif yang terurai menjadi Teknesium.

Sekarang, melalui artikel ini, kita melanjutkan perjalanan menelusuri keistimewaan unsur-unsur dalam golongan 7 dengan beberapa perbedaan dibandingkan golongan lainnya.

Golongan 7, sebagaimana semua unsur dalam golongan Logam Tanah mulai dari golongan 3 s/d 12, masing-masing memiliki 4 unsur, kecuali tentunya golongan 3 yang memiliki 2 ruang untuk menampung 32 unsur Lantanoid dan Aktinoid, lihat artikel saya: Lantanoid dan Aktinoid, Golongan 3, Periode 6 dan 7.

Catatan:
Logam transisi adalah semua Logam Tanah beserta Lantanoid dan Aktinoid.  

Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
4 unsur dalam golongan 7 ini masing-masing adalah Mangan (Mn), Teknesium (Tc), Renium (Re), dan Bohrium (Bh). Mangan sudah saya bahas dalam artikel: Mangan Selawe (Mn-25) yang Bukan Makan, dan sekarang kita lanjutkan dengan unsur ke-2, yaitu Teknesium dengan nomor atom 43.

Teknesium adalah unsur paling ringan yang semua isotopnya radioaktif, tidak ada yang stabil, kecuali Tc-99 dalam keadaan terionisasi.

Hampir semua Teknesium yang tersedia diproduksi sebagai unsur sintetis. Teknesium yang terjadi secara alami adalah produk fisi spontan dalam bijih Uranium dan bijih Thorium, sumbernya yang paling umum, atau sebagai produk penangkapan netron dalam bijih Molibdenum.

Teknesium adalah kristal logam transisi abu-abu keperakan yang terletak di antara Mangan dan Renium dalam golongan 7, dan sifat kimianya berada di antara kedua unsur itu.

Isotop alami yang paling umum adalah Tc-99, yang hanya terdapat sebagai unsur runut.

Teknesium adalah unsur pertama yang diproduksi secara artifisial oleh para peneliti. Kata Teknesium berasal dari kata Yunani untuk buatan (artifisial), yaitu Tekhnetos.

Ada pendapat bahwa Teknesium tidak terdapat di alam, karena setiap atomnya yang pernah ada di bumi sudah meluruh jutaan tahun yang lalu. Sejumlah kecil unsur Teknesium  ditemukan dalam limbah yang dihasilkan oleh reaktor nuklir awal atau melalui peluruhan nukleus Uranium dalam bijih Uranium, tetapi unsur ini sangat sulit untuk dideteksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN