Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Pembelajaran dari Artikel Saya tentang Tabel Periodik

16 Juli 2021   04:01 Diperbarui: 16 Juli 2021   04:04 630 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembelajaran dari Artikel Saya tentang Tabel Periodik
Fly Geyser. Sumber: buku Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 44-45.

Air mancur panas (Fly Geyser) warna-warni di Gurun Batu Hitam Nevada, AS, terbuat dari gundukan batu Kalsium karbonat (CaCO3). Gundukan dan kolam seperti itu dibuat secara alami di banyak tempat lain di mana mata air menyemburkan air hangat yang kaya Kalsium. Warna bebatuan yang menakjubkan disebabkan oleh ganggang dan bakteri yang hidup di air.

Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Saya mulai belajar tentang tabel periodik beberapa dekade yang lalu ketika masih di SMA, dan sampai saya tamat kuliah, unsur-unsur dengan nomor atom 101 ke atas masih belum diberi nama definitif, dan beberapa unsur bahkan belum ditemukan, lihat artikel saya: Penamaan Definitif Unsur ke-101 s/d 118.

Sampai beberapa tahun yang lalu, penamaan definitif ini bahkan belum saya jumpai pada poster tabel periodik berbahasa Indonesia dan saya agak prihatin dengan adik-adik pembelajar yang mengalami kesenjangan informasi ini. Saya pun berusaha mencari sumber-sumber termutakhir dan lalu memiliki 2 buku yang sangat penting, yaitu:
1. How It Works - Book of the Elements, ed. 5, Imagine Publishing Ltd., United Kingdom, 2016.
2. Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, Dorling Kindersley Limited (Penguin Random House), Great Britain, 2017.

Dari buku kedua di atas saya mengkompilasi sendiri selembar poster tabel periodik berukuran minimal A3 dengan unsur sampai dengan nomor atom 118, yaitu Oganesson, lihat artikel saya: Oganesson, Unsur Ke-118 yang Sangat Unik.

Adik-adik bisa mengunduh dan mencetak sendiri poster mutakhir yang saya lampirkan dalam setiap artikel saya yang relevan.

Beberapa hasil pembelajaran pasca kuliah saya yang bisa saya bagikan antara lain:
1. Mayoritas unsur adalah unsur alami buatan Tuhan, dan minoritas unsur, yang semuanya dibuat oleh manusia, adalah unsur radioaktif.

2. Penelitian masing-masing unsur membutuhkan dedikasi waktu seumur hidup. Hasilnya, kebanyakan unsur, misalnya golongan gas mulia, ditemukan oleh peneliti yang sama, yaitu William Ramsay, baik sendiri maupun berkolaborasi dengan peneliti lain, lihat artikel saya: Kripton Bukan dari Planet Lain.

3. Selain dedikasi seumur hidup, peneliti unsur kimia radioaktif juga menghadapi risiko terkena radiasi yang sangat berbahaya. Di sini kita patut menghargai jasa-jasa mereka, antara lain suami isteri Pierre dan Marie Curie yang menemukan unsur Polonium (Po) dan Radium (Ra) pada 1898.

4. Ada unsur-unsur yang sudah dikenal manusia sejak ribuan tahun yang lalu, misalnya 7 logam kuno, yaitu emas, Merkuri, tembaga, perak, besi, timah, dan timbal.

5. Nama unsur dibuat berdasarkan kata dalam bahasa Yunani, Latin, Arab, dll, dari nama negara, kota, sifat unsur, dan bahkan nama individu peneliti.

6. Contoh nama unsur berdasarkan nama negara, negara bagian, atau kota: Galium (Perancis) Nihonium (Jepang), Polonium (Polandia), Tennesin (Tennessee), dan Darmstadtium (Darmstadt).

7. Nama unsur berdasarkan nama individu peneliti biasanya dibuat lama setelah sang peneliti meninggal dunia, misalnya: unsur ke-101 secara definitif dinamakan Mendelevium, disingkat Mv, pada 1955, 48 tahun setelah Mendeleev meninggal dunia, lalu pada 1979, simbol Mv dikoreksi menjadi Md.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN