Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

5 Tips Parenting Positif

10 Juni 2021   14:14 Diperbarui: 11 Juni 2021   00:33 87 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips Parenting Positif
newsinhealth.nih.gov

Parenting Positif.

Tips Parenting Positif (Positive Parenting) ini saya kompilasi dari materi Parenting Positif, sebuah seminar sehari yang diselenggarakan oleh Ivan Burnell

Saya mengikuti Kursus YA (the YES Course) Ivan selama 3 bulan dari September s/d November 2001 dan tidak mengikuti seminar Parenting Positif itu, tetapi mendapat file materi seminarnya dari Ivan.

Materi ini jugalah yang menjadi acuan landasan saya untuk mengembangkan Parenting ala Johan Japardi yang sudah pernah saya tayangkan. 

Dalam artikel saya itu saya menambahkan beberapa poin yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi saya setelah menjadi orangtua di Indonesia, jadi perlu dicatat bahwa Tips Parenting Positif ini adalah tips yang sudah terbukti dan berlaku di Amerika Serikat. Anda bisa mengacu ke artikel saya itu, dan/atau membuat sendiri penyesuaian menurut situasi dan kondisi Anda.

Kata Ivan Burnell:
The goal of parenting is not to have a great child tomorrow. The goal is to help your child become an adult who will be able to thrive, grow and prosper, despite the trials and tribulations life will inevitable throw at them (Tujuan parenting bukanlah untuk memiliki anak yang hebat di masa mendatang. Tujuannya adalah untuk membantu anak Anda menjadi seorang orang dewasa yang akan mampu berkembang, tumbuh dan makmur, walaupun cobaan dan kesukaran besar hidup yang tak terelakkan akan menimpa dia).

Apakah Anda pernah mengalami sebuah masalah karena tidak bisa membantu anak mengerjakan PR, tidak bisa memasuki kamar anak yang sedang ngambek, bertengkar dengan anak karena hal yang remeh-temeh, menghadapi anak yang keras kepala, heran kenapa anak tampak marah-marah, anak sedang dalam keadaan kecewa, dsb?

Ivan memiliki strategi "baut dan mur" yang bisa membantu Anda memulihkan keharmonisan dalam keluarga Anda.

Sambutlah Tips Parenting Positif Ivan Burnell sebagai berikut:
1. Tepat Janji
Ajari anak agar ketika membuat janji, dia harus menepatinya, dan jangan pernah membuat janji yang dia tidak yakin bisa dia tepati.

2. Mengajari dan Memberi Teladan
Lakukan apa yang Anda katakan dan katakan apa yang Anda lakukan. Itulah cara memberikan teladan yang dilandasi kejujuran mutlak.

Dalam semua hal, ajari dan beri teladan kepada anak, contoh: tidak membuat ekspektasi yang tidak realistis dalam mengambil sebuah keputusan. Dalam hal ini mengikuti kata hati akan memberi jawaban yang benar, walau tidak selalu mudah setiap saat. Ekpektasi yang dikembangkan oleh anak jangan sampai menciptakan dilema bagi dirinya maupun orang lain yang terkait masalah itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN