Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Dua Penulis Terkenal Amerika Serikat yang Saling Bertetangga

17 Mei 2021   23:47 Diperbarui: 17 Mei 2021   23:52 57 3 1 Mohon Tunggu...

Rumah dan Museum Mark Twain di Hartford, Connecticut, Oktober 2001.

Hartford adalah ibu kota negara bagian Connecticut, AS. Hardfort merupakan kedudukan Hartford County sampai Connecticut membubarkan pemerintahan county pada 1960. Ia adalah kota inti di wilayah metropolitan Greater Hartford. Perkiraan sensus sejak Sensus Amerika Serikat 2010 menunjukkan bahwa Hartford adalah kota terbesar keempat di Connecticut, setelah kota pesisir Bridgeport, New Haven, dan Stamford.

Ketika saya mengunjungi Hartford pada Oktober 2001, saya diberitahu bahwa kota ini merupakan kota perjudian yang lebih besar ketimbang Las Vegas di negara bagian Nevada dan pusat-pusat perjudian di sini dikelola oleh orang-orang Indian. Karena saya tidak tertarik dengan perjudian, maka sampai sekarang saya tidak pernah melakukan pengecekan daring tentang informasi ini.

Seperti yang pernah saya uraikan dalam beberapa artikel saya yang sebelumnya, setiap saya melakukan kunjungan wisata, yang menjadi tempat yang saya minati adalah situs bersejarah, rumah orang-orang yang terkenal, dan pusat kuliner setempat. Tempat yang saya minati di Hartford adalah rumah Harriet Elisabeth Beecher Stowe dan Mark Twain yang ternyata bertetangga, walau selisih usia mereka adalah 24 tahun.

www.thoughtco.com
www.thoughtco.com
Harriet Elisabeth Beecher Stowe (14 Juni 1811-1 Juli 1896) adalah seorang penulis dan abolisionis Amerika. Dia berasal dari keluarga Beecher, keluarga religius yang terkenal, dan terkenal karena novelnya Uncle Tom's Cabin (1852), yang menggambarkan kondisi keras yang dialami oleh orang Amerika-Afrika yang diperbudak. Buku tersebut menjangkau jutaan pembaca sebagai novel dan drama, dan menjadi berpengaruh di Amerika Serikat dan di Inggris Raya, menyemangati kekuatan anti-perbudakan di Amerika Utara, sambil memprovokasi kemarahan yang meluas di Selatan. Stowe menulis 30 buku, termasuk novel, tiga memoar perjalanan, dan koleksi artikel dan surat. Dia berpengaruh baik untuk tulisannya maupun untuk sikap publik dan debatnya tentang masalah sosial saat itu.

dokpri
dokpri
Rumah Harriet Elisabeth Beecher Stowe di Hartford, Connecticut, Oktober 2001.

dokpri
dokpri
Kartu pos Mark Twain, dibeli pada Oktober 2001.

Samuel Langhorne Clemens (30 November 1835 - 21 April 1910), yang dikenal dengan nama penanya, Mark Twain, adalah seorang penulis, humoris, pengusaha, penerbit, dan dosen Amerika. Dia dipuji sebagai "humoris terhebat yang pernah dihasilkan oleh Amerika Serikat", dan William Faulkner memanggilnya "bapak sastra Amerika". Novel-novel karya Mark Twain antara The Adventures of Tom Sawyer (1876) dan sekuelnya, The Adventures of Huckleberry Finn (1884), yang sering disebut "Novel Amerika Hebat."

Rumah Mark Twain di Hartford, Connecticut, sekarang disebut Rumah dan Museum Mark Twain (The Mark Twain House and Museum). Rumah dan Museum Mark Twain ini adalah hasil pemugaran rumah yang ditempati oleh Mark Twain bersama keluarganya dari 1874 hingga 1891. Mark Twain menulis karya terpentingnya selama tahun-tahun dia tinggal di sana, termasuk Adventures of Huckleberry Finn, The Adventures of Tom Sawyer, dan A Connecticut Yankee in King Arthur's Court. Selain menyediakan tur ke rumah Mark Twain yang telah dipugar ini, pengelolanya, National Historic Landmark, juga menawarkan kegiatan dan program pendidikan yang menjelaskan warisan sastra dan memberikan informasi tentang kehidupan dan masa hidup Mark Twain.

dokpri
dokpri
Rumah dan Museum Mark Twain di Hartford, Connecticut, Oktober 2001.

Jonggol, 17 Mei 2021

Johan Japardi

VIDEO PILIHAN