Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Lempengan Tembok Berlin di Portland, Maine, AS

27 April 2021   11:10 Diperbarui: 27 April 2021   18:47 72 2 0 Mohon Tunggu...

Menurut Atlas Obscura, hampir setiap kota di AS memiliki Sepotong Lempengan Tembok Berlin.

Sewaktu berkunjung ke AS selama 3 bulan sejak 11 September 2001, saya yang semestinya mengikuti kursus YA (the YES Course) Ivan Burnell sebanyak 10 sesi, tiap sesi seminggu sekali setiap hari Kamis, terpaksa tidak mengikuti sesi pertama karena saya sampai di AS tepat pada hari WTC di New York ditabrak dengan pesawat terbang. Pesawat KLM yang saya tumpangi didaratkan dengan paksa di Vancouver, British Columbia, Kanada. Selanjutnya, semua penumpang diantar dengan bus ke Seattle, Washington,  via Marysville, juga di Negara Bagian Washington. Pada hari ke-7 baru ada pesawat yang boleh terbang, dan saya mengganti jalur saya ke Manchester, New Hampshire, alih-alih ke Boston, Massachusetts. Ini memudahkan Ivan dan Dagny Burnell menjemput saya, kalau ke Boston, sekali jalan dari tempat Ivan di Center Ossipee, New Hampshire, butuh waktu 4 jam dengan mobil, sedangkan ke Manchester hanya 1,5 jam.

YES Course yang saya sebutkan di atas dilaksanakan di kota Portland, Maine, dan saya berkesempatan melihat seperangkat lempengan Tembok Berlin asli di Portland, Maine, pada Oktober 2001. Karena sudah lapuk, lempengan itu pun diperkuat dengan grafiti sehingga kelihatan artistik.

Alamat:
207 Commercial St., Portland, ME, USA

Petunjuk arah:
Old Port, melewati Commercial St./Alt Route 1, di Moulton St. Lempengan ini berada sekitar 50 kaki di bawah dermaga, di sebelah booth untuk Portland Discovery: Land & Sea Tours.

Jonggol, 27 April 2021

Johan Japardi

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN