Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi USU 1992, Apoteker USU 1993, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Timur Itu Luhur, Berbanggalah

6 April 2021   13:00 Diperbarui: 6 April 2021   13:28 241 4 0 Mohon Tunggu...

Dokpri
Dokpri
Kodrat di alam menetapkan terbitnya sang Mentari dari Timur, dan Timur pun diterima secara tanpa keraguan sebagai sumber dan arah yang benar.

Itulah sebabnya mengapa lagu anak-anak yang saya pelajari semasa SD dulu menggunakan urutan Timur, Tenggara, Selatan, Baratdaya, Barat, Baratlaut, Utara, Timurlaut. Jika makna filosofis lagu ini tidak dipahami, tentu urutan ini menjadi persoalan dan diganti. Pertanyaan saya, memangnya perlu dipersoalkan, mataangin itu mau dimulai dari arah mana?

Jepang adalah bangsa yang dengan penuh kebanggaan menyebut negerinya sebagai 日本 Nihon/Nippon, dengan 日 ni yang bermakna matahari dan 本 hon yang salah sebuah maknanya adalah sumber, dan nama negara ini dimaknai dalam bahasa Indonesia sebagai "Negeri Matahari Terbit."

Berdasarkan atas beberapa fakta di bawah ini, bisa disimpulkan bahwa orang Timur itu memiliki daya cipta (invensi), sedangkan orang Barat daya improvisasi (dan menang-menang di gaya):

Orang China (Timur) menginvensi kertas, dan dengan kertas itu pulalah orang Barat membuat peta yang digunakan untuk menjajah bangsa Timur.

Orang China (Timur) menginvensi mesiu, dan dengan mesiu itu pulalah orang Barat membuat meriam yang digunakan (juga) untuk menjajah bangsa Timur.

Orang India (Timur) lebih dulu menginvensi baja berkualitas tinggi, dan orang Inggris (Barat) merampas kemuliaan orang India dengan mengklaim bahwa merekalah penemu baja berkualitas tinggi itu, dan memasarkannya ke Timur. Kata Dr. Shashi Tharoor: Orang Inggris bahkan mengadopsi kata loot (menjarah) dari bahasa Sanskerta लूट loot dan memasukkan kebiasaan mereka (baca: menjarah) ke dalam kata itu. (Sumber) Sebuah sense of humor yang bagus.

Orang Inggris dengan penuh kebanggaan (saya tambahkan: tanpa malu) mengucapkan "a cup of tea" (yang membuat saya jijik setiap kali saya dengar dari mulut mereka, antara lain dalam film-film). 

Dan sebagainya.

Dalam bahasa Inggris, Timur adalah Orient, dan Barat Occident.
Dari kata orient diderivasi kata disorient dan disoriented (semuanya bersumber dari bahasa Perancis).

Kata ini adalah bukti nyata perampasan keluhuran Timur karena, dari sekian banyak definisinya yang tidak perlu saya cakupkan di sini, hanya dengan menggunakan nalar kita untuk memahami kata disoriented, makna (alternatif) yang seharusnya dicakupkan dalam semua kamus bahasa Inggris adalah..................... berpaling dari Timur (arah yang benar).

Jika Timur bukan arah yang benar, maka, mestinya dalam semua kamus itu ada kata disoccidented.

Makna alternatif disoriented ini juga telah saya usulkan ke Open Webster's Dictionary.

Jonggol, 6 April 2021

Johan Japardi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x