Mohon tunggu...
Joko Martono
Joko Martono Mohon Tunggu... Penulis - penulis lepas

belajar memahami hidup dan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar Pilihan

Aman Berkunjung di Pantai Selatan Yogyakarta

30 November 2021   02:59 Diperbarui: 9 Desember 2021   08:55 379 43 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
risiko di laut selatan Yogyakarta (foto: kompas.com)

Menjelang akhir tahun 2021 bersamaan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), dapat diprediksi sejumlah lokasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan banyak dikunjungi wisatawan.

Walau berada di urutan kedua sebagai destinasi wisata setelah Bali, namun tingkat kunjungan wisatawan di Yogyakarta (DIY) masih tergolong relatif tinggi.   

Ini disebabkan beberapa hal mengingat letaknya yang strategis, berada di tengah Pulau Jawa, mudah diakses menggunakan bermacam sarana transportasi, baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti travel, bus pariwisata, kereta api, dan melalui jalur penerbangan (udara) yang dilengkapi fasilitas bandara baru (New Yogyakarta Interntional Airport) beserta akomodasi memadai.

Di samping itu, akses menuju Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalur darat dengan pilihan jalan alternatif (termasuk 'jalan tikus'). Di sisi timur DIY berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, sisi timur laut berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Boyolali, sedangkan sisi barat laut dan barat berbatasan dengan Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo.

Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut, walaupun secara geografis dan administratif memiliki pemerintahan daerah sendiri- namun secara kultural masih ikut menjadi pendukung budaya Yogyakarta yang lekat dengan makna Keistimewaannya.  

Tak terkecuali bagi kalangan awam terutama yang suka backpacker-an atau berpetualang menyusuri Yogyakarta dan kawasan sekitar -- juga cukup menjanjikan karena mereka yang berbekal minimalispun bisa menikmati kekhasan Jogja Istimewa dengan segala tampilan artefak berikut nilai budaya yang terkandung di dalamnya.

Dari beberapa hal tersebutlah prediksi kunjungan termasuk wisatawan yang ingin mengisi liburan akhir tahun (Nataru) di Yogyakarta dan sekitarnya nanti masih cenderung relatif tinggi, walaupun dalam suasana pandemi Covid-19 dengan regulasi nasional, termasuk pembatasan dan syarat sesuai kebijakan pemerintah daerah berikut pengawasan yang ketat.

Berkunjung/mengisi waktu liburan atau berwisata di Yogyakarta dan sekitarnya tentu banyak pilihan yang hendak dituju, tinggal pilih objek mana yang akan didatangi, semuanya sudah tersedia, bisa dilihat dan diakses melalui mesin pencari via internet.

Khusus bagi mereka yang berminat mengunjungi kawasan pantai yang berada di bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta tentunya bisa direncana sesuai minat masing-masing.

Perlu diketahui bahwa wilayah selatan ini, sepanjang kurang lebih tujuhpuluh kilometer terdiri kawasan pantai memanjang dari wilayah Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Kulonprogo. Setiap lokasi pantai mempunyai panorama, keunikan maupun alam eksotis yang tiada duanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan