Mohon tunggu...
Joko Martono
Joko Martono Mohon Tunggu... Penulis - penulis lepas

belajar memahami hidup dan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Ternyata Efisien Tidak Selalu Efektif

20 September 2021   14:10 Diperbarui: 21 September 2021   11:52 561 51 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ternyata Efisien Tidak Selalu Efektif
ilustrasi Pembelajaran Tatap Muka (Sumber foto: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Globalisasi ditandai kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi telah banyak memengaruhi berbagai aktivitas maupun perilaku manusia di masa kini.

Pengembangan teknologi yang terus berinovasi disertai model-model dan produk terkini yang semakin canggih telah pula banyak membantu manusia terutama dalam mempermudah untuk berkoneksi, berinteraksi, bertransaksi sehingga dinamika berbagai kehidupan semakin tumbuh.

Pendek kata, percepatan (akselerasi) di bidang teknologi komunikasi dan transportasi telah menjadikan dunia semakin 'sempit' dalam artian tidak lagi terhalang oleh batas-batas negara (borderless) bahkan mampu menembus ruang dan waktu, mengajak manusia tak terkecuali yang berada di pelosok desa untuk menjadi warga global sehingga muncul istilah yang dikenal dengan global village.

Beberapa keuntungan dan peluang dapat dipetik dengan hadirnya teknologi yang serba canggih tersebut. Di antaranya manusia cukup dari ruangan/tempat di manapun melalui fasilitas internet atau media digital akan mudah melakukan komunikasi satu dengan lainnya, baik secara individu maupun kelompok, tanpa harus langsung berhadapan secara fisik.

Nah keuntungan dan peluang tersebut sudah terbukti nyata di lingkungan kita berada, terutama di masa pandemi Covid-19 yang masih belum aman.

Adanya pemberlakuan kebijakan patuh protokol kesehatan termasuk pembatasan fisik antarmanusia atau pembatasan kerumunan, pembatasan mobilitas dan interaksi sosial dengan maksud mencegah penularan virus corona -- turut membuktikan bahwa kehadiran teknologi komunikasi telah membantu agar aktivitas manusia tidak harus mandeg atau berhenti.

Para pekerja di sektor tertentu bisa bekerja dari rumah atau work from home (WFH), para peserta didik tetap bisa belajar melalui sekolah online atau study from home, sering dikenal dengan sebutan pembelajaran jarak jauh (PJJ), yang semuanya itu dikarenakan kehadiran teknologi masa kini.

Kecanggihan teknologi dengan produknya yang terus berkembang ini semakin memanjakan manusia di muka bumi ketika melangsungkan beragam aktivitas, lebih praktis, atau dalam perkataan lain lebih mudah, harganya relatif terjangkau dan pastinya semakin efisien dalam mejalani segala hal.

Dalam situasi demikian di tengah kemudahan-kemudahan yang ditunjang kehadiran teknologi dan telah menjadikan segala sesuatunya menjadi lebih hemat ruang serta waktu bukanlah berarti apa yang sedang dikerjakan itu serta merta akan membawa hasil optimal, berhasil guna.

Untuk bidang dan sektor dalam kondisi tertentu sangatlah mungkin dan memang pemanfaatan teknologi banyak membantu, mempermudah sehingga hampir semua kegiatan manusia dapat berlangsung secara efisen dan efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan