Mohon tunggu...
Joko Martono
Joko Martono Mohon Tunggu... Penulis - penulis lepas

belajar memahami hidup dan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Saatnya Kompasiana Mengakomodasi Kepentingan Kampus

27 Agustus 2021   09:44 Diperbarui: 27 Agustus 2021   16:46 334 71 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Saatnya Kompasiana Mengakomodasi Kepentingan Kampus
ilustrasi dari Kompas.com

Dunia blogging seperti halnya Kompasiana terus bergulir ikut memarakkan ruang publik virtual belakangan ini. Sebagai medium popular berbasis warga, Beyond Blogging  terus bertumbuh seiring dinamika sosial berikut teknologi informasi dan komunikasi sebagai penunjangnya.

Tak pelak lagi, kini blog keroyokan yang membernya mencapai sekitar 350 ribu lebih atau penulisnya sering disebut dengan istilah kompasianer- hampir setiap saat 'tidak pernah tidur'

Dalam perkataan lain, kapan dan di manapun kita berada, bisa mengakses terutama bagi para member sangat dimungkinkan untuk berbagi, berelasi, saling berinteraksi antarsesama melalui artikel, opini, aspirasi, disalurkan dalam bentuk karya fiksi maupun non-fiksi yang telah ditayangkan.

Kompasiana sebagai salah satu produk media sosial yang berbasis warga menyediakan ruang publik virtual di bawah jaringan portal web Kompas.com nampak semakin eksis, bukan saja lantaran induk yang menaunginya tersebut.

Namun juga dikarenakan pengelolaannya yang mampu memberi peluang bagi setiap warga untuk menyampaikan gagasan/ide, pemikiran, aspirasi maupun opini sehingga dinamika dan interaksi sosial diharapkan semakin tumbuh-berkembang.

Barang tentu kehadiran Kompasiana dengan tampilan website dinamisnya yang selalu di-upgrade setiap waktu - semakin mendapat sambutan dari khalayak luas.

Bahkan belakangan ini tak terkecuali dari kalangan perguruan tinggi ikut serta menaruh atensi dan berpartisipasi menyumbangkan artikel, peliputan atau tulisan-tulisan menyangkut kehidupan masyarakat luas dan berbagai kepentingan.

Bila kita cermati, hampir setiap hari/setiap saat, muncul liputan-liputan maupun kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau sejenisnya. Terutama di masa pandemi seperti sekarang, sangat dimungkinkan hal ini berlangsung. Sebagai bukti pelaporan, publikasi kegiatan KKN di masing-masing lokasi.

Terlepas itu merupakan tugas akademis yang disyaratkan oleh lembaganya, akan tetapi jika dilihat dari tema maupun topik yang disampaikan -- sedikit banyak juga telah memberikan perspektif baru terhadap upaya pemberdayaan masyarakat sesuai Tri Dharma perguruan tinggi (Pendidikan- Pengajaran, Penelitian-Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat).

Nah melihat sikon demikian, mungkin sudah saatnya Kompasiana mengakomodir kepentingan kampus atau perguruan tinggi dalam ruang atau kategori khusus, kategori baru sebagai rubrikasi di Kompasiana. Misalnya:  kategori Kampus Merdeka atau Halo Kampus, atau apalah namanya dengan sub-kategori: pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, maupun kegiatan kampus yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan