Mohon tunggu...
jikti khoirina
jikti khoirina Mohon Tunggu... penulis.

ayoo membacaa!!!!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara Jitu Menghindari Pelecehan Seksual di Media Sosial

14 Agustus 2020   12:58 Diperbarui: 14 Agustus 2020   13:27 12 0 1 Mohon Tunggu...

Jika membahas tentang kasus pelecehan seksual sepertinya sudah tidak asing lagi untuk didengar, belakangan ini kasus pelecehan seksual terhadap wanita semakin marak saja apalagi sekarang pelecehan seksual tidak hanya terjadi didunia nyata. Bahkan di media sosial pun sudah banyak terjadi kasus pelecehan seksual terhadap wanita.

Seperti yang marak baru-baru ini terjadi kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh Gilang atau dikenal dengan kasus "gilang Bungkus".  Yaitu dimana Gilang melakukannya melalui mendiasosial Instagram.

            Jadi, agar hal ini tidak terjadi sama kamu mari kita lihat 5 cara mengantisipasinya;

  • Abaikan /jangan dibalas
  • Jika ada pesan, mention ataupun komentar yang berbau seksual di media sosialmu maka tidak perlu kamu balas. Memang jika melihat komentar seperti itu kamu pasti ingin membalasnya karna menurutmu itu menjijikan atau tidak pantas. Tapi coba deh kamu fikir lagi jika kamu membalasnya maka pelecehan seksual terhadapmu pasti akan berlanjut, tetapi jika kamu memilih tidak membalasnya maka itu tidak ajan berlanjut.
  •  
  • Gunakan fitur report/lapor yang ada dimedia sosial mu
  • Disetiap media sosial pasti memiliki sistem report/lapor, jdi saat kamu menerima pesan bermuatan seksuat kamu bisa langsung mereportnya, misalnya jika melalui Instagram kamu bisa dengan mematikan komentar atau memfilter kolom komentar, sedangkan diakun twitter ada di BRIM (block, report, ignore, mute), jika pelecehan terjadi di mediasosial Facebook kamu bisa melakukan report yang memungkinkan kita melaporkan berbagai konten, begitu juga dengan grup, halaman, komentar, profil, maupun pesan.

  • Beri tindakan tegas
  • Jika kamu merasa dilecehkan secara online kamu harus melakukan tidakan tegas, seperti memberitahu pengikutmu isi komentar atau pesan yang bermuatan seksual tersebut dengan cara mengcapture dan kemudian kamu bagikan di Instastory sosial media mu. Selain itu kamu juga bisa membuat thread ditwitter tentang pelecehan yang aku alami dengan disertakan bukti seperti saat ini yg sedang ramai dilakukan untuk mengungkap kasus pelecehan online.

  • Segera laporkan 
  • Kasus pelecehan seksual terhadap wanita ini merupakan kasus yang dapat merusak psikis wanita. Karna itu maka kamu wajb melaporkannya kelembaga hukum dan KOMNAS PEREMPUAN.

  • Mencari bantuan
  • Kamu juga bisa mencari bantuan dengan cara membagikan pengalaman buruk kamu diberbagai komunitas, hal ini ini bertujuan juga agar kamu dapat pembelaan dari berbagai komunitas baik itu secara online maupun offline misalnya dengan membagikan kepada Perempuan Peduli (@perempuanpeduli), atau House of the Unsilenced (@Unsilenced_).

Jadi girls buat kalian yang sudah mengetahui cara bagaimana kita sebagai wanita untuk melindungi diri dari pelecehan seksual disosialmedia maka jika itu terjadi pada kamu, segera lakukan 5(lima) hal diatas ya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x