Mohon tunggu...
Jihni Rantika
Jihni Rantika Mohon Tunggu... Jihni Rantika

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PMM UMM 67: Renovasi dan Pengaktifan Kembali Pos Kamling Dusun Tenggulunan

3 Mei 2021   13:00 Diperbarui: 3 Mei 2021   13:58 47 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM UMM 67: Renovasi dan Pengaktifan Kembali Pos Kamling Dusun Tenggulunan
Pos Kamling Sebelum di Renovasi/dokpri

Malang, Pos Kamling salah satu Instrumen yang wajib dan harus ada pada suatu desa. Pendirian Pos Kamling bermaksud untuk menjaga keamanan lingkungan yang ada di desa dengan memberdayakan masyarakat dalam sistem rolling jaga malam. Penggunaan Pos Kamling juga sebagai wadah berkumpulnya warga untuk bertukar informasi sekaligus untuk berkomunikasi mengenai desanya. Peran dari masyarakat untuk menjaga daerahnya masing-masing sangat penting, karena kita juga tidak bisa hanya mengandalkan peran dari aparat keamanan dalam menjaga dan mengkondisikan tiap daerah. Selain itu juga jika aparat tidak mendapat dukungan dan peran dari masyarakat akan tidak maksimal dalam menjaga keamanan di daerah masing-masing.

Pos Kamling Sesudah di Renovasi/dokpri
Pos Kamling Sesudah di Renovasi/dokpri
Inisiatif Mahasiswa PMM UMM 67 untuk merenovasi Pos Kamling ini dilakukan pada tanggal 2 Mei 2021. Dalam proses pembangunannya dilakukan setelah shalat Tarawih dengan bergotong-royong bersama Bapak-Bapak dan para pemuda yang ada di dusun Tenggulunan, serta dibantu langsung oleh Bapak Fredi selaku ketua RW.02 dan Bapak Prawoto selaku RT. 04. 

Tujuan Mahasiswa PMM Kelompk 67 melakukan renovasi Pos Kamling ini untuk meningkatkan kesadaran warga sekitar untuk lebih memanfaatkan Pos Kamling sebagai sarana jaga malam, bertukar informasi, serta berkomunikasi mengenai kegiatan di dusun Tenggulunan. Dengan itu, mahasiswa PMM kelompok 67 Universitas Muhammadiyah mengharapkan dengan adanya renovasi Pos Kamling ini, Pos Kamling dapat aktif kembali dalam menciptakan keamanan serta ketertiban lingkungan yang ada di dusun Tenggulunan.

VIDEO PILIHAN