Mohon tunggu...
Jihan Noprinah
Jihan Noprinah Mohon Tunggu... ✨✨✨✨

Halo, nama aku Jihan Noprinah. Aku sekarang sedang menjalankan studi sebagai mahasiswi Sosiologi di Universitas Riau. Semoga dapat bermanfaat ya! jangan lupa like, komentar, dan bagikan ke teman-teman lainnya ya! :)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Seruan Anak Teknik "Jangan Takut untuk Jadi Berbeda"

16 Mei 2019   08:41 Diperbarui: 17 Mei 2019   04:32 0 2 2 Mohon Tunggu...
Seruan Anak Teknik "Jangan Takut untuk Jadi Berbeda"
49a8fd40-ff18-428c-9c1d-c90b32a83dc1-5cddd6da6db84359e821d372.jpeg

Assalamu'alaikum teman-teman, semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan semangat kalian untuk tidak menyerah dengan takdir yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikan ya! Kenalin, namaku Jihan Noprinah sekarang aku lagi jalanin studi sebagai mahasiswi Sosiologi di salah satu Universitas di Riau, ya tau sendiri sosiologi Cuma ada di Universitas Riau hehe

Perkenalan singkat ini pasti membawa fikiran kalian kalau aku dari background anak IPS yakan? Oh tidak, kalian salah besar! Aku sebenarnya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Pekanbaru jurusan Teknik Gambar Bangunan dan sama sekali tidak tahu apa itu Sosiologi. Pasti kalian tidak menyangka sama sekali, iya sama sepertiku tidak terbayangkan akan duduk di bangku perkuliahan yang jurusannya jauh banget dari skill yang aku punya. Bukan karena apa-apa guys aku memilih jurusan yang satu ini. Aku memilih jurusan ini di pilihan pertama pada ujian test SBMPTN tahun 2018 lalu. Bayangin seberapa gregetnya aku? Haha

Curhat sedikit nih, aku awalnya itu ambisi banget untuk mengejar studi Teknik Sipil di Universitas Brawijaya dengan tingkat kepedean yang super duper tinggi tapi alhasil aku gagal karena Cuma mengandalkan nilai Rapor di seleksi sama anak-anak SMA/SMK se-Nasional. Ya waktu itu aku pede-pede aja kalau aku bisa ngalahin anak SMA untuk masuk Universitas favorit di Indonesia itu, karena belum tau nih ternyata masuk perguruan tinggi itu harus punya banyak persiapan. Namanya anak SMK, yang tujuan utamanya itu bukan kuliah hanya berfikir masuk kuliah itu persaingan antar anak SMA dengan SMK sama aja, ternyata tidak sama sekali guys. Aku udah baca banyak artikel dan beberapa melihat video di YouTube kalau tidak segampang buat mie rebus untuk masuk perguruan tinggi.

Singkat cerita, aku ikutan ujian test SBMPTN dengan keputusasa-an yang masih ada dan memilih jurusan yang menurut aku itu asing termasuk Sosiologi yang paling tidak pernah terdengar di telinga hahaha. Tapi kali ini aku udah punya persiapan yang cukup dari sebelumnya, sehingga menghadapi ujian tes itu biasa aja dan tidak mengharap banyak juga biar tidak makin kecewa nantinya kalau tidak lulus lagi

So, aku disini sebenarnya mau bagikan beberapa tips persiapan untuk adik-adik atau teman-teman dengan basic anak teknik tapi mau coba masuk jalur yang berbeda dengan jurusan di SMK, yang akan memasuki perguruan tinggi negeri agar InsyaaAllah bisa lulus masuk sesuai jurusan yang dipilih terkhusus SOSHUM seperti jurusan aku ini yakni Sosiologi:

  • Berniat karena Allah, meminta do'a dan izin orangtua, karena ini hal yang sangat terpenting dari segalanya.
  • Bersungguh-sungguh untuk memilih kuliah tanpa adanya keraguan, jangan sampai nanti kamu dapat kendala sedikit langsung ngeluh malah mikir buat ambil alih ke yang lain.
  • Untuk teman-teman yang ngerasa kalau tidak mampu untuk melanjutkan kuliah karena segi ekonomi yang rendah, jangan segan untuk mencari tahu informasi beasiswa di internet, media massa, atau tanyakan langsung ke pihak sekolah apakah ada program beasiswa yang direkomendasikan. Saat sekarang ini udah banyak beasiswa yang menawarkan diri ke sekolah-sekolah. Nah, terkadang sekolah tidak secara langsung menginformasikan ke kalian. Jadi harus kepo tingkat tinggi ya hehe
  • Pilih jurusan sesuai apa yang kamu rasa terbaik, dan jangan asal pilih jurusan kaya aku. Takutnya nanti kamu yang menikmati studi yang kamu jalanin karena gak sesuai sama kemampuan kamu.
  • Banyak belajar, mulai dari bahas-bahas soal untuk ujian tes. Jangan banyak alasan tidak ada uang untuk beli buku kumpulan soal atau semacamnya, karena waktu itu aku juga cuma mengandalkan paket internet untuk belajar di beberapa pembahasan soal di YouTube. Pokoknya jangan berhenti kepo untuk bahas soal. Ajak teman-teman untuk membuat forum pembelajaran agar tidak suntuk, bosan , dan tidak malas
  • Jangan lupa untuk lebih banyak beribadah terutama yang muslim, untuk lebih perbanyak ibadah yang sunnah seperti shalat tahajjud, shalat sunnah rawatib, shalat Dhuha, sedeqah dan lain sebagainya. Percaya deh, dengan doa yang kalian hanturkan saat melaksanakan ibadah sunnah ini mustajab banget. Cerita sedikit nih, aku waktu itu hanya do'a semoga aku dapat kuliah tahun ini di jurusan yang aku pilih di pilihan pertama. Dan ya, Allah mengabulkan tanpa melihat seberapa besar dosa yang aku perbuat. Percaya akan do'a guys, jangan kira do'a kalian tidak bakal dikabulin. Buang jauh-jauh fikiran itu, karen Allah Maha Mendengar. Kalau belum dikabulkan bisa jadi kalian nanti bakal dikasih dengan yang terbaik dari yang baik.
  • Jangan lupa bersyukur nantinya kalau udah lulus ya, dan jangan lupa share ke teman-teman bagaimana bisa di titik itu.

Nah, jadi itu beberapa tips yang benar-benar aku lakukan, terlihat biasa-biasa aja karena memang waktu itu aku pasrah dan putus asa (jangan di tiru ya) kalau aku gak bakal bisa masuk teknik tapi itu salah besar! Kita harus yakin dari awal hingga akhir, berjuang dari awal hingga akhir, jangan hanya berambisi di awal dan jika gagal kita menyerah.

Lalu, dengan jurusan yang sedang aku jalanin, apakah aku nyaman?suka?atau menyesal?

  • Aku bersyukur Allah udah kasih aku jalan untuk melanjutkan bangku perkuliahan,
  • Dibilang menyesal, tidak bisa juga karena memang aku berdo'a ke Allah untuk lulus di jurusan ini. Jadi menyesal pun tidak ada artinya, hanya saja aku merindukan cita-cita yang ingin aku capai yakni Arsitek huhu
  • Aku mencoba beradaptasi terhadap lingkungan kampus, dan teman-teman yang bener-bener anak SMA semua hahaha
  • Ternyata, semua itu dinikmati aja.  Jalanin seperti air mengalir, ingat lagi perjuangan untuk sampai duduk di bangku perkuliahan ini.
  • Dan yah, aku nyaman kok di sini, aku lebih banyak mengenal masyarakat lebih dekat dan banyak teman-teman yang bener-bener sosial banget deh
  • Dan terakhir jangan lupa untuk selalu mengasah skill yang udah kamu dapat di bangku SMK kemarin, jangan sampai hilang gitu aja karen kamu mengambil jurusan berbeda di perguruan tinggi.

Untuk teman-teman dan adik-adik, ketahuilah tidak semua rencana yang kita buat dengan apik, dan teliti itu bisa sesuai dengan apa yang nantinya akan kita dapatkan, karena semua itu berjalan atas kehendak Sang Maha Kuasa. Ambil hikmah dibalik apa yang sudah kita rencanakan dan hasil yang kita dapatkan. Jika kita sudah paham itu, semua akan ikhlas kita jalanin. Karena, akan ada jawaban Allah untuk kita di cerita selajutnya dan itu yang tidak akan pernah kita sangka-sangka. Jangan menyerah untuk raih cita-cita kalian ya! Jangan mudah menyerah, karen ini baru awal kehidupan bagi kalian yang baru selesai sekolah menengah. Sukses itu tidak ada yang instan, dan sukses tanpa berproses itu hanya kenikmatan sementara. Sampai jumpa di tulisan aku selanjutnya ya! Semoga bermanfaat dan bagikan ke semua orang yg kamu kenal agar makin banyak orang yang semangat untuk selalu meraih pendidikan setinggi-tingginya. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.