Mohon tunggu...
Jhon Miduk Sitorus
Jhon Miduk Sitorus Mohon Tunggu... Ekonomi, Politik dan Sepakbola

Instagram @Jhonmiduk8

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Palapa Ring, Tol Langit Masa Kini, dan Akselerasi Ekonomi Digital

26 Januari 2019   15:46 Diperbarui: 26 Januari 2019   19:24 1732 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Palapa Ring, Tol Langit Masa Kini, dan Akselerasi Ekonomi Digital
Ilsutrasi Palapa Ring yang menyatukan Indonesia lewat telekomunikasi. sumber : ekonomisumsel.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di era pemerintahannya sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan berbagai infrastruktur. Mulai dari infrastruktur yang kasat mata seperti di darat dengan jalan tol, pelabuhan, bandara, jalur kereta api yang baru, bendungan, dan lain-lain. Jika sebelum era Jokowi kita sudah terbiasa mendengar nama tol (jalan berbayar yang berada di daratan), pada awal pemerintahan Jokowi dipopulerkan sebuah nama yang tak kalah keren. Namanya Tol laut. 

Tol laut bukan berarti jalan tol yang berada di tengah lautan yang memanjang dari ujung hingga ujung lepas pantai. Tol laut merupakan konsep pengangkutan logistik yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar di seluruh nusantara dengan menggunakan kapal-kapal yang bermuatan besar. Dengan demikian, harga-harga barang dan jasa yang didistribusikan bisa menjadi lebih murah karena konsep sekali angkut. Pada saat yang sama juga, mobilitas barang dan manusia akan semakin lebih cepat dari suatu daerah ke daerah lain. 

Saat ini, ada lagi sebuah konsep "tol" yang ditujukan untuk memperlancar sistem komunikasi seluruh daerah Indonesia. Namanya "Tol Langit". Konsepnya tentu bukanlah seperti jalan tol yang berada di langit. Tol langit merupakan kelanjutan dari adanya tol laut dengan udara. 

Tol langit ini merupakan sebuah istilah yang dimaksudkan karena kehadiran sinyal telepon dan internet ke berbagai pelosok negeri, terutama Indonesia timur sehingga satu sama lain antar daerah di Indonesia bisa saling berkomunikasi secara cepat dan efektif dengan menggunakan infrastruktur telekomunikasi.

Tol langit ini merupakan bagian dari proyek Palapa Ring yang sudah hampir rampung dibangun khususnya di Indonesia bagian timur. Proyek senilai Rp 7,7 Triliun ini ditargetkan akan sudah selesai pada tahun 2019. Palapa Ring di Indonesia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Indonesia Barat, Tengah dan Timur sesuai dengan pembagian zona waktu di Indonesia.

Zona barat memiliki panjang 2.275 Km yang sudah dibangun sejak tahun 2016 lalu dan sudah dipakai sejak Maret 2018 lalu. Begitu juga dengan Palapa Ring Zona tengah yang sudah diresmikan dan digunakan sejak Maret 2018 lalu, memiliki panjang 2.995 km. 

Khusus untuk zona timur yang memiliki panjang jaringan 6.878 Km baru selesai 89%, ditargetkan pada tahun 2019 akan selesai dan keseluruhan Indonesia barat, tengah dan timur akan memiliki koneksi yang tersambung secara "real time" minimal dengan layanan konektivitas 4G.

Konektivitas Palapa Ring yang dipopulerkan dengan tol langit ini memastikan bahwa seluruh indonesia termasuk ke daerah terluar dan terdalam sekalipun akan mampu dijangkau oleh koneksi internet supercepat dengan kecepatan minimal 30 mbps. 

Kecepatan internet indonesia pada tahun 2018 yang berada di peringkat 108 dunia dengan rata-rata kecepatan 10,53 mbps akan naik peringkat ke posisi 94 dengan rata-rata kecepatan internet 15,52 mbps. Kecepatan internet ini memang masih jauh jika dibandingkan dengan negara Singapura yang berada diperingkat pertama dengan kecepatan 190,94 mbps. 

Akselerasi Ekonomi Digital 

ilustrasi mudahnya belanja apapun lewat online. sumber : presiden.co.id
ilustrasi mudahnya belanja apapun lewat online. sumber : presiden.co.id
Mega proyek Palapa Ring ini secara positif akan memungkinkan pergerakan ekonomi digital Indonesia. Selain sebagai penyambung komunikasi internet antar daerah secara cepat dan real time, tersambungnya seluruh daerah Indonesia dalam jaringan telekomunikasi akan membuat seluruh sektor kehidupan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Akses internet yang memadai akan bisa meningkatkan ekonomi digital secara positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN