Mohon tunggu...
jhon merari
jhon merari Mohon Tunggu...

Produsen Konten / Instagram : @kalikalire / email : jhnmerari@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Karir

Kerja Sama Orang Udah Usang, Sekarang Zaman Kerja Sendiri

20 Desember 2018   16:00 Diperbarui: 20 Desember 2018   16:56 245 0 0 Mohon Tunggu...

Mau bikin usaha sendiri tapi gue takut bangkrut, gagal, dan miskin?

Gue bilang lebih baik mencoba gagal daripada hidup dalam ketakutan. Lagipula gue dan temen-temen, yang sudah diusia menginjak 30 tahun, harus mulai belajar dari pola pikir milenial. Mereka adalah generasi penggerak jaman ini. Mereka berani mendobrak sistem, melawan tradisi, bahkan menciptakan tradisi baru bagi masyarakt. 

Kata 'inovasi' jelas berkelindan dengan milenial. Justru mereka akan mati bila tidak melakukan pembaharuan. Ini jelas karakter positif yang wajib ditiru kita. Oleh sebab itu kita tidak bisa lagi berlindung di dalam gelembung pikiran sendiri. Kalau kita tetap bersikeras mempertahankan prinsip dan tidak mau beradaptasi dengan jaman sekarang, maka siap-siap gali kubur saja. Sebab, mereka yang berani beradaptasi adalah mereka yang bertahan hidup.

Dari penjelasan di atas, milenial jelas tidak berorientasi bekerja untuk orang lain. Mereka cenderung akan mendirikan perusahaan, berdasarkan idealisme dan pola kerja mereka sendiri. Bagaimana kita menilai pemikiran mereka? Gue rasa cukup tepuk tangan sambil sekaligus mempelajari pola berpikir dan cara mereka bekerja. Supaya apa? Supaya kita tidak kalah maju dengan kaum milenial ini.

Sebab mereka memiliki tiga karakter ini:

1. Milenial adalah manusia penggila aktualisasi diri. Mungkin kita akan menilai buruk karakter ini. Tetapi jika ditelisik lebih dalam arti kata-kata ini adalah bahwa mereka lebih suka diberi ruang bereksperimen mengenai hal baru, ketimbang hanya mengerjakan satu tugas dan dibayar mahal. Kalo menurut kita, temen-temen milenial sudah pasti gila. Tapi memang beginilah dna karakter generasi masa kini.

2. Milenial adalah manusia berpikiran serba cepat. Media seringkali melabeli mereka dengan sebutan generasi instan. Mereka memang instan tapi mereka punya alasan kuat atas kalimat ini. Mereka adalah generasi yang cepat tanggap dengan tren. Karena memang cara kerja dunia sudah seperti itu. Jika anda tidak mengikuti tren maka anda akan ditinggal kesempatan untuk cepat berkembang maju, lebih pintar, dan berpengalaman. Karena mereka berpegang pada landasan sederhana ini. Bekerja cepat lebih baik ketimbang bekerja secara sempurna. Bagi mereka sempurna itu bukan tujuan utama. 

3. Milenial adalah manusia pengambil resiko. Mereka tidak akan pernah mau hidup aman. Lulus kuliah langsung bikin usaha. Baru bikin usaha langsung bikin anak perusahaan. Baru umur muda langsung berani memimpin orang-orang. 

Dari ketiga karakter utama generasi ini, kita bisa menganalisa dan ambil keuntungan agar membuka usaha dari hobi yang disukai atau dipelajari. Banyak pasti dari teman-teman takut melakukan hal ini. Gue pun dulu merasakan hal yang sama. Tetapi lambat laun, gue pikir hidup itu bukan tentang penilaian orang lain, tetapi tentang proses pencarian siapa diri kita di dunia ini. 

Maka gue akan share beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan pada masa kini. 

1. Programer/Developer aplikasi/Data analyst

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x