Mohon tunggu...
Jihan Mawaddah
Jihan Mawaddah Mohon Tunggu... Penulis - Knowledge seeker

Halo, saya Jihan. Lifestyle blogger yang sedang belajar banyak hal. Yuk saling bertukar pengalaman lewat tulisan. Baca tulisan saya lainnya di www.jeyjingga.com

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Ngelalap Sambil Liwetan, Jadi Bukber Hemat dan Berkesan

20 April 2023   22:20 Diperbarui: 20 April 2023   22:23 954
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
menu buka puasa bersama sederhana- tempe penyet kemangi (dok.pri)

Makin tua usia makin malas rasanya mau melangkahkan kaki ke restoran atau cafe untuk memesan makanan di hari-hari yang sungguh pasti crowded dimana-mana. Apalagi masih banyak mahasiswa yang belum pulang. Alamat buka bersama tidak akan efektif karena diburu dengan waktu dan tempat yang terbatas penggunaannya.

Ternyata saya tak sendiri merasakan itu. Teman satu geng saat SMA hingga sekarang merasakan hal yang sama. Akhirnya ada yang usul untuk buka bersama di rumah saya saja. 

Selain karena rumahnya baru (padahal ya sudah tiga bulan pindah dan mereka sudah pernah merayakan kepindahan saya), entah kenapa buka bersama kali ini akhirnya sepakat untuk diadakan di rumah saya yang sederhana.

Salutnya rumah saya ini agak jauh dari pusat kota. Sehingga butuh waktu yang lumayan untuk bisa sampai kesini, apalagi jalurnya jalur yang rawan macet. Tak berharap banyak sih semua anggota geng akan datang. 

Tapi nyatanya mereka semua datang, hanya minus satu orang saja. Itu pun digantikan dengan kawan yang baru saya kenal lima tahun belakangan ini. Alhamdulillaah..


liwetan di rumah (dok.pri)
liwetan di rumah (dok.pri)

Memilih Menu Sederhana Untuk Buka Puasa Bersama

Perbedaan lainnya dengan Ramadan tahun lalu yakni kami benar-benar ingin buka puasa yang "sederhana". Lalapan sudah cukup. Karena sudah dua tahun berturut-turut kami selalu mengadakan pesta daging yang dinikmati saat buka puasa bersama.

Bagaimana dengan buka bersama tahun ini? Menunya adalah menu masakan seorang Ibu dari teman saya. Beliau menjual segala jenis lalapan sekaligus sayurnya. Akhirnya sepakat, ada yang pesan bebek goreng, ada yang pesan ayam goreng, dan saya? Cukup pesan tempe penyet saja.

Karena sudah bosan sekali dengan sajian ayam maupun daging. Ingin sekali menikmati tempe panas yang dipenyet dan dimakan dengan nasi hangat. Sungguh makanan yang membuat saya kangen karena hampir setiap hari kami mengonsumsi itu. Kalau mau daging terus atau ayam terus, mungkin saya, kakak, dan adik-adik tidak akan bisa membayar biaya sekolah tepat waktu.

Oleh karena itu kalau hanya bekerja lalu dicemooh karena memilih menikmati tempe penyet dibanding wagyu, itu sudah jadi hal biasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun