Mohon tunggu...
Jessyca
Jessyca Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

college student from national university

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penyiaran TV sebagai Terobosan dalam Era Digital

4 Agustus 2022   23:44 Diperbarui: 4 Agustus 2022   23:50 71 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

A. LATAR BELAKANG
TV Digital adalah satu jenis teknologi penyiaran melalui udara yang baru dan inovatif, memungkinkan stasiun TV untuk dapat menyediakan gambar yang secara dramatis lebih jelas, berkualitas suara lebih baik dan pilihan program yang lebih banyak.
Kemajuan teknologi digital telah menyebabkan perangkat tertentu dalam industri siaran TV yang bekerja dengan teknologi analog secara berangsur digantikan dengan perangkat yang bekerja dengan teknologi digital, misalnya alat perekam, kamera-video, dan perangkat pengeditan (perangkat editing). 

Hal tersebut dilakukan, antara lain, atas pertimbangan teknis karena adanya beberapa keunggulan penggunaan teknologi digital, antara lain tidak terjadinya penurunan kualitas sinyal walaupun telah dilakukan berbagai manipulasi terhadap sinyal tersebut. Teknologi digital terkait erat dengan teknologi yang digunakan dalam dunia komputer (teknologi informasi). Manfaat yang sangat berarti dalam penggunaan teknologi digital ialah menghemat penggunaan lebar pita (bandwidth) spektrum frekuensi radio karena adanya teknik kompresi terhadap sinyal tersebut.

Menonton televisi bagi keluarga di Jakarta sudah menjadi salah satu praktek budaya televisi menjadi media berkumpul dan perekat keluarga dengan hiburan yang disajikan TV juga menjadi sumber informasi dan jendela dunia atas berbagai ilmu pengetahuan sehingga kualitas gambar dan audio pada televisi menjadi sangat penting dalam migrasi TV digital. Teknik penggunaan penerapan perangkat TV digital dan set-top box dalam menghadapi pelaksanaan dan baik siaran TV digital gratis tidak perlu kuota internet bersih gambarnya jernih suaranya canggih teknologinya banyak pilihan programnya yuk segera beralih ke TV digital.

Sistem digital juga merupakan penyediaan infrastruktur oleh satu lembaga penyiaran yang bisa menyalurkan sampai dengan 12 kanal, yang artinya karena kanal semakin banyak maka perebutan iklan pun akan semakin ketat. Lalu bagaimana televisi lokal khusunya di kota Jakarta dapat mempertahankan eksistensinya serta apakah akan ada perubahan-perubahan dalam tubuh televisi lokal dalam persiapan menghadapi era digital.

Persyaratan teknis alat dan atau perangkat telekomunikasi untuk keperluan penyelenggaraan service siaran dan radio siaran selanjutnya ini adalah kurang lebihnya ketentuan internasional yang sampai saat ini diadopsi oleh semua administrator pengertian oleh semua negara yaitu dengan diterbitkannya circular letter atau surat edaran khususnya di perbatasan.
Apabila terjadi interferensi antara analog dan digital maka yang konteks analognya harus diturunkan atau dimatikan jadi sebagaimana sudah disepakati dunia bahwa memang semua rute itu bisa terjangkau.

Kondisi di Indonesia saat ini sudah sangat banyak izin siaran TV analog yang telah diterbitkan. Tidak termasuk siaran TV publik dengan sejumlah stasiun transmisi daerahnya dan stasiun TV swasta nasional yang mengoperasikan puluhan stasiun relai di beberapa daerah, masih terdapat ratusan stasiun-stasiun TV swasta lokal yang beroperasi baik dengan maupun tanpa izin yang resmi.
Dari uraian diatas maka muncul sebuah masalah yang dapat menarik untuk diteliti dengan judul "Penyiaran TV sebagai terobosan dalam era Digital".

B. PEMBAHASAN

Undang-Undang nomor 11 tahun 2020 tentang kita kerja yang didalamnya ada mengenai cluster penyiaran. Kemudian Undang-Undang 32 tahun 2002 tentang penyiaran yang selama tidak bertentangan dengan undang-undang 2016-2022 tentang kita kerja maka ini masih berlaku pasal-pasalnya tentang undang-undang 36 mengenai telekomunikasi nanti berkaitan dengan penggunaan frekuensi radio nya adapun yang pada hari ini akan dibahas itu yang lebih terkait dengan peraturan menteri komunikasi dan Informatika.

Nomor 4 tahun 2019 tentang persyaratan teknis alat dan atau perangkat telekomunikasi untuk keperluan penyelenggaraan service siaran dan radio siaran selanjutnya ini adalah kurang lebihnya ketentuan internasional yang sampai saat ini diadopsi oleh semua administrator pengertian oleh semua negara yaitu dengan diterbitkannya circular letter atau surat edaran dari ICU khususnya di perbatasan. 

Adapun teknologinya itu ada FPI yang dikeluarkan oleh Amerika kemudian kita mengadopsi GCG yang second-generationnya dipilih itu dan juga teknologi China. Di sini kita ketahui bahwa sebaiknya dipilih digitalisasi udah lama diperkenalkan sejak 1992 ini ada negara-negara yang sudah memperkenalkan sesuai dengan tahun yang ada kini, hal ini sudah beralih ke digital.

Bagaimana cara menonton TV digital dalam pengertian menangkap sinyal yang ditransmisikan oleh gelombang elektromagnetiknya?
Dalam hal ini gelombang radio kita tahu bahwa kalau selama di dalam Cafe, pemancarnya maka penilaian dapat dilakukan dengan baik tapi ketika ada halangan yang ini tidak bisa mendapat sinyal digital dimaksud begitupun yang diluar jangkauan. Aslinya di luar wilayah layanannya ini tidak bisa secara lngng atau karakteristik dari gelombang elektromagnetik di semakin jauh dari pemancar maka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan