Mohon tunggu...
Jesse Ray Momuat
Jesse Ray Momuat Mohon Tunggu... -

simple... :)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa Itu Mindset...?

7 Oktober 2013   22:15 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:51 9666 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Mindset,,, "pola pikir” itu yang pertamakali terlintas di dalam pikiran saya, pada saat saya diberikan tugas, untuk membuat arti kel tentang mindset.Sayapun masih belum mengerti definisi dari mindset itu. Banyak teman-teman di ruang kelas saya yang membicarakan tentang mindset dan banyak dari kami yang belum mengerti tentang mindset itu. Definisi yang salah akan berakibat fatal karena keliru memahami nya.

Apasih mindset itu ?... Dalam buku "The secret Of Mindset", Adi W Gunawan, mengutip dari kamus elektronika menyebutkan mind-set terdiri dari dua kata : Mind dan set. Kata "mind" berarti "sumber pikiran dan memori; pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan , ide, dan persepsi, dan menyimpan pengetahuan dan memory". Kata "Set" berarti " mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan, keadaan utuh/solid".

Mindset :


  1. kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap, dan masa depan.
  2. Sikap mental tertentu atau watak yang menentukan respons dan pemaknaan seseorang terhadap situasi.

Jadi mindset sebenarnya kepercayaan (belief), atau sekumpulan kepercayaan (set of beliefs), atau cara berfikir yangmempengaruhi perilaku dan sikap seseorang. Pemikiran yang mendalam sehingga mencapai level yang di sebut dengan keyakinan. Mindset ini di bentuk dari apa yang masuk ke dalam diri kita selama bertahun-tahun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan