Mohon tunggu...
Media Pilihan

Mengenal Youtube

22 Februari 2016   19:38 Diperbarui: 22 Februari 2016   20:31 653 10 2 Mohon Tunggu...

Youtube, didirikan pada 14 Februari 2005, merupakan salah satu anak perusahaan milik google inc. Youtube juga dapat digunakan di seluruh dunia. Youtube adalah salah satu aplikasi yang memberi informasi berupa video-video. Di aplikasi youtube ini, kalian semua dapat mengunggah video apa saja dan sebanyak apapun jika sudah memiliki akun yang terdaftar. Video yang di unggah juga dapat dilihat oleh seluruh dunia. Ada beberapa macam konten video yang biasa diunggah di Youtube, yaitu konten video buatan pengguna (dibuat oleh pemilik akun tersebut), klip film, klip TV, video musik dan video blog atau yang biasa disingkat dengan vlog.

Youtube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang sebelumnya menjadi karyawan pertama PayPal. Pada awalnya, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada tahun 2005 karena mengalami kesulitan saat ingin berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Fransisco. YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Video yang pertama kali diunggah di Youtube adalah me at the zoo, yang diunggah oleh Jawed Karim. Pengunjung Youtube rata-rata menghabiskan 15 menit setiap harinya untuk menonton video disana. Youtube juga mempunyai slogan yaitu Broadcast Yourself. Dalam pengunggahan video di Youtube, para pengunggah video hanya dapat mengunggah video yang hanya berdurasi 15 menit. Pengguna Youtube diizinkan mengunggah video berdurasi 12 jam jika akunnya sudah di verifikasi.

Youtube mempunyai beberapa keuntungan, yaitu yang pertama adalah dapat mencari informasi di dalam negeri maupun luar negri dengan mudah. Dengan menonton beberapa video dalam youtube, kalian dapat cepat paham dan cepat mengerti apa maksud dari video tersebut. Keuntungan selanjutnya, yaitu kita dapat memberikan informasi kepada orang-orang diseluruh dunia. Dengan mengunggah video-video yang bermanfaat, kita dapat memberikan informasi kepada seluruh dunia. Selain itu, Youtube juga dapat menghasilkan uang. Kalian dapat menghasilkan uang dengan cara membuat saluran khusus seperti iklan. Dengan membuat saluran khusus di Youtube, maka akan ada orang yang dapat mengunjungi saluran yang anda buat. dan keuntungan terakhir adalah dapat membuat orang terkenal. Banyak orang-orang dari luar negri yang terkenal karena channel Youtube mereka masing-masing dengan hanya membuat akun dan sering membuat video.

Salah satu pengguna youtube yang terkenal nomor 1 di dunia adalah PewDiePie. Dia bernama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg, namun orang-orang lebih mengenalinya sebagai PewDiePie. Pria yang berasal dari Swedia ini dinobatkan sebagai Youtuber terkaya dengan penghasilan RP.83,8 miliar. Dia mempunyai channel Youtube yang berkategori gaming. Dia menghabiskan waktunya hanya bermain game. Dia membuat video dirinya yang sedang bermain game, dan mengupload video tersebut di Youtube. Aksi-aksi nya yang lucu saat sedang bermain game membuat para pengunjung Youtube tertarik untuk menonton videonya dan membuat dia Populer sampai sekarang. Salurannya adalah salah satu saluran di Youtube dengan pertumbuhan cepat. Pada 11 Juli 2013, ia memiliki lebih dari 10 juta pelanggan. Pada tahun 2016, jumlah pelanggan salurannya adalah 42.357.791. Felix juga mendapat beberapa penghargaan, yaitu pada acara   Starcount Social Star Awards dengan kategori Most Popular Social Show dan Sweden Social star awards pada tahun 2013. Selain itu, dia juga pernah mendapat penghargaan di acara Shorty Awards dengan kategori Gaming pada tahun 2013. Felix juga menyumbangkan beberapa penghasilannya kepada Charity Water.

Felix memulai kariernya di Youtube sejak april 2009. Pada awalnya, ia tidak terlalu pede dan tidak nyaman untuk bermain video game dengan berbicara di depan camera sendirian. Tetapi, lama-kelamaan dia nyaman dengan apa yang dilakukan oleh dirinya dan banyak yang menonton video yang dibuatnya. Perjalanan cinta Felix pun berawal dari video-video yang diunggahnya. Ada satu penggemar Felix bernama Marzia Bisognin yang menganggap bahwa Felix adalah orang yang lucu. Marzia sering menonton video-video Felix dan menjadi pelanggannya. Pada akhirnya mereka berkenalan melalui internet pada tahun 2011. Beberapa bulan kemudian, Felix terbang dari Swedia ke Italia untuk mengenal Marzia lebih dalam. Pada akhirnya mereka berpacaran. Marzia sempat tinggal di Swedia bersama Felix sampai akhirnya mereka memutuskan untuk tinggal bersama di Inggris.

Karena channel Youtube yang dimilikinya, Felix mempunyai beberapa teman yang dia kenal dari Youtube, seperti Pointless Blog, Markiplier, JackSepticEye dan Cryaotic. Felix beberapa kali pernah berkolaborasi bersama mereka. Bukan hanya video gaming, tetapi ada juga video-video challenge yang dikolaborasikan bersama dengan youtubers lainnya. Channel Youtube Felix pun juga bukan hanya video gaming saja, tetapi ada video challenge, vlog, menjawab pertanyaan dari fans, dan membuka hadiah-hadiah yang diberikan oleh fansnya. Pada tahun 2015, dia juga mengeluarkan buku yang berjudul This Book Love You yang berisi tentang candaan dan kata-kata yang memotivasi para pembaca. Buku yang dia ciptakan hanya tersedia di beberapa Negara saja.

Rata-rata para pengguna youtube mengunggah vlog. Apa itu vlog? Vlog adalah kegiatan blogging seperti biasanya, tetapi yang membedakan adalah menggunakan video. Kegiatan vlog ini adalah orang-orang yang berbicara di depan kamera secara spontan. Biasanya, orang-orang yang sering membuat vlog disebut vlogger. Durasi nya oun bervariasi. Ada yang membuat vlog hanya berdurasi 4-5 menit tapi ada juga yang membuat vlog ini selama 7-15 menit bahkan lebih. Biasanya, vlog berisi tentang hobi, menjawab pertanyaan-pertanyaan, bahkan tentang keseharian dari vlogger tersebut. Ada juga yang dinamakan food vlogger. Biasanya, para food vlogger membuat vlog tentang makanan-makanan yang popular atau cerita singkat tentang makanan tersebut.

Ada banyak video populer yang ditayangka ndi Youtube. Oleh karena itu, pihak Youtube menciptakan sebuah kumpulan video-video terkenal yang dinamakan Youtube Rewind. Youtube Rewind adalah semacam kumpulan video yang dibuat dan diupload oleh youtube resmi, tetapi yan menjadi Top trending.contoh, Youtube Rewins bertema Now Watch Me 2015 karena lagu Now Watch Me sangat  terkenal pada tahun  2015 . Di dalam Youtube Rewind, terdapat beberapa artis dan youtubers terkenal yang mengambil peran dalam shooting video tersebut. Hasil shooting video Youtube Rewind juga bagus dan keren. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x