Mohon tunggu...
Jeremia BaptistaGinting
Jeremia BaptistaGinting Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa UNPAR

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gladi Hominisasi

11 Desember 2022   16:23 Diperbarui: 11 Desember 2022   16:25 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gladi Hominisasi adalah sebuah aktivitas yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora UNPAR. Gladi ini diadakan untuk Mahasiswa UNPAR. acara ini mempunyai tujuan untuk melatih Mahasiswa agar bisa melatih publick speaking dan pola berpikir kritis Mahasiswa UNPAR . 

Sebelum Gladi Hominisasi ini dilakasanakan secara Online mahasiswa di beri tugas terlebih dahulu agar para mahasiswa menunjukan rasa siap untuk mengikutin Gladi Hominisasi secara Online. Tugas yang di berikan antara lain adalah Menyimak lagu Indonesia Raya 3 Stanza dan kemudian mengambil kutipan yang menurut para mahasiswa sangat penting . dan kemudian tugas yang di berikan adalah menonton Sebuah cuplikan Video dan kemudian menjelaskan dari isi penting dari video yang di pilih oleh mahasiswa . dan video tersebut berupa tema ketahanan pangan,Budaya dan lingkungan. 

yang perlu saya refleksikan dari adanya Gladi Hominisasi ini adalah agar saya bisa lebih mengenal dan makna dari hari hari besar yang ada Indonesia dan saya bisa lebih kreatif dan berani untuk berbicara di depan banyak orang .

Menurut saya penggunaan Logika dalam kehidupan sehari hari itu sangat perlu terutama dalam membaca berita , dalam membaca berita kita harus bisa berpikir secara kritis agar kita bisa memaknai dari apa yang ditulis dalam berita , karena pada saat ini banyak sekali berita berita yang bersifat hoaks atau berita palsu oleh karena itu sebagai mahasiswa sekaligus warga negara indonesia harus bisa lebih cermat dalam membaca berita . 

kemudian bahasa merupakan sebagai identitas dari sebuah bangsa , dan bahasa harus di jaga agar di masa depan anak dan cucu kita bisa melestarikan bahasa indonesia dan bahasa itu tidak luntur . karna dengan bahasa warga negara asing bisa mengenali sebuah negara tersebut.

Manfaat yang saya terima dalam mengikut Gladi Hominisasi sangat banyak dan sangat bermanfaat buat saya sendiri , contoh nya adalah saya bisa lebih kreatif dalam hal apapun dan bisa semakin cepat dalam berpikir. dan bukan cuman itu saja saya semakin bisa berpikir secara logis dan kedua hal itu sangat pentik banget buat saya untuk kedepan nya terutama dalam dunia pekerjaan nanti.

walaupun acara Gladi Hominisasi sangat singkat tetapi manfaat nya sangat banyak dan bisa saya terapkan dalam perkuliahan contoh nya adalah dalam dosen sedang mengajar dengan cara berpikir dengan menggunakan logika akan sangat memudah kan saya untuk mengerti materi yang dosen saya ajarkan , dan ketika ada sesuatu hal yang menurut saya kurang benar dari yang diajarkan oleh dosen saya , saya akan berpikir kritis agar membenarkan dari pernyataan doaen saya ajarkan .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun